Memasuki bulan Desember itu artinya memasuki akhir tahun 2020. Libur akhir tahun pun sudah berada di depan mata. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, liburan akhir tahun 2020 ini harus berhadapan dengan pandemi COVID-19.

Oleh sebab itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengimbau seluruh kementerian dan lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal itu berkaitan dengan lonjakan kasus infeksi COVID-19 di beberapa daerah.mewaspadai angka kasus positif Covid-19 yang masih mengalami tren kenaikan.

"Jadi meskipun nanti teman-teman sekalian akan melakukan kegiatan untuk Pilkada atau untuk berlibur pada akhir tahun, jangan pernah lupakan disiplin protokol kesehatan," imbau Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Senin (30/11/2020).

"Ini instruksi untuk kita semua agar dalam melakukan kegiatan secara lebih optimal, namun tanpa memperburuk penyebaran Covid-19. Masker harus selalu ada, cadangan harus ada, jangan hanya ditaruh di kantong, jaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer," lanjutnya.

Baca Juga: Disiarkan Langsung Pukul 10 Pagi, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Hari Ini

Sri Mulyani mengingatkan bahwa penting untuk mematuhi protokol kesehatan guna mengakhiri pandemi COVID-19. Jika pandemi berakhir, itu akan memulihkan sektor ekonomi, kegiatan sosial, dan lain-lain.