Saat menjadi orang tua, tentu ingi selalu memastikan si kecil dalam masa tumbuh kembang yang baik. Salah satunya masalah pergantian gigi susu menjadi gigi permanen. Namun, sebelumnya para orang tua harus tahu kapan waktu itu terjadi.

Penting untuk diketahui bahwa pertumbuhan akan berbeda untuk setiap anak. Itu pun terjadi saat anak tumbuh gigi dan pergantian gigi susu menjadi gigi permanen. Jadi, enggak ada kepastian umur berapa gigi anak berganti menjadi gigi permanen.

Bayi akan mulai tumbuh gigi sekitar usia 6 bulan, dan ini akan berlanjut hingga sekitar usia 3 tahun berjumlah 20 gigi. Sejak usia 6 tahun, anak pada akhirnya akan kehilangan semua gigi susunya hingga berusia 12 tahun. Pada saat anakmu mencapai usia remaja, mereka akan memiliki 32 gigi dewasa permanen.

Baca Juga: Bisa Tingkatkan Tumbuh Kembangnya, Ini 5 Manfaat Memasak Bersama Anak

Jadi, mengapa gigi susu harus copot? Ternyata gigi susu tersebut berfungsi sebagai placeholder, menciptakan ruang di rahang untuk gigi permanen masa depan. Saat gigi permanen siap tumbuh, akar gigi bayi mulai larut hingga benar-benar hilang. Pada saat itu, gigi menjadi 'longgar' dan hanya tertahan oleh jaringan gusi di sekitarnya.