Menu

5 Tips Atasi Vagina Gatal Akibat Bakteri dan Jamur, Jangan Asal!

23 Desember 2022 19:10 WIB
5 Tips Atasi Vagina Gatal Akibat Bakteri dan Jamur, Jangan Asal!

Ilustrasi area intim terasa gatal. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Rasa gatal pasa miss v atau vagina mungin pernah kamu rasakan. Hal ini tentu dapat mengganggu kamu saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Gatal ini pun ternyata diakibatkan oleh berbagai permasalahan pada bagian vagina sampai dengan perubahan bakteri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat mengatasi gatal pada miss v, diantaranya:

1. Mengatasi vagina gatal karena iritasi

Dilansir dari laman Medical News Today, penyebab vagina gatal pada umumnya adalah karena iritasi akibat alergi. Penyebabnya bisa jadi karena penggunaan produk kulit di sekitar vagina, seperti pembalut, celana dalam berbahan tertentu, kondom lateks, atau tisu toilet berbahan kimia tertentu.

Cara mengatasi vagina gatal karena iritasi dapat dilakukan dengan menghentikan produk yang memicu alergi. Selain itu, hindari pula penggunaan sabun khusus pembersih vagina dan menggaruh area vagina yang gatal, supaya iritasi tidak semakin parah.

2. Mengatasi vagina gatal karena bakteri

Infeksi bakteri pada vagina atau vaginosis bakterialis terjadi saat keseimbangan bekteri dalam vagina terganggu, karena pertumbuhan bakteri jahat yang tidak terkendali.

Selain muncul rasa gatal, vagina yang dipenuhi bakteri jahat juga bisa menimbulkan sensasi terbakar, keputihan, sampai bau amis.

Cara mengatasi vagina yang gatal karena bakteri dapat dilakukan dengan konsultasi ke dokter untuk mendapat obat antibiotik yang sesuai.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Miss V Jauh dari Gatal, Beauty Sudah Tahu Belum?

Baca Juga: Terhindar dari Infeksi Jamur, Ini Cara Ampuh Cegah Miss V Gatal Selain Pakai Salep, Moms Wajib Catat!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan