Kasus infeksi virus corona di beberapa daerah di Tanah Air mengalami peningkatan. Enggak main-main, lonjakan kasus COVID-19 itu bahkan mencapai dua kali lipatĀ lho.

Prof. Wiku Adisasmito, Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 mengatakan bahwa di awal Desember zona merah di Indonesia melesat tajam dari minggu sebelumnya. Sebaliknya Prof. Wiku menyampaikan bahwa kawasan zona hijau semakin menurun.

"Minggu ini jumlah kabupaten kota yang berwarna merah bertambah hampir dua kali lipat dari minggu sebelumnya. Selain itu jumlah daerah yang berada di zona hijau pun semakin menipis," kata Prof. Wiku saat konferensi pers di BNPB, Selasa (1/12/2020).

Dengan keadaan ini, Prof. Wiku pun mengimbau masyarakat untuk semaki memperhatikan kesehatannya dengan disiplin protokol kesehatan. Hal itu dilakukan guna menekan kembali angka kasus infeksi COVID-19.

Baca Juga: Disiarkan Langsung Pukul 10 Pagi, Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Hari Ini

"Keadaan ini harus menjadi cambukan keras bagi kita untuk terus memperbaiki diri sebagai masyarakat. Jangan pernah abai karena cepat atau lambat Anda akan menjadi penderita. Pakai masker jika lengah dalam memproteksi diri atau lingkungan ataupun keluarga Anda," imbau Prof. Wiku.