Menu

Sering Ngantuk Setelah Makan? Ternyata Ini Biang Keroknya, Beauty Sering Mengalaminya?

27 Desember 2022 13:05 WIB
Sering Ngantuk Setelah Makan? Ternyata Ini Biang Keroknya, Beauty Sering Mengalaminya?

Ilustrasi Wanita Sedang Menguap (Freepik/Cookie_Studio)

HerStory, Bekasi —

Beauty sering merasa ngantuk setelah makan? Kondisi tersebut memang umum terjadi di mana dalam dunia kesehatan disebut dengan postprandial somnolence.

Postprandial somnolence sendiri adalah penurunan tingkat energi setelah makan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan jenis makanan dan waktu makan seseorang.

Dilansir dari Medical News Today, banyak peneliti yang yakin bahwa penyebab ngantuk dan lemas setelah makan disebabkan karena tubuh memproduksi lebih banyak serotonin. Serotonin merupakan hormon yang mengatur suasana hati dan siklus tidur.

Makan makanan yang kaya protein dan karbohidrat bisa membuat orang lebih mungkin merasa ngantuk daripada makan makanan lain. Hal ini disebabkan kandungan asam amino yang disebut tripofan dalam protein akan memproduksi serotonin. Sementara itu karbohidrat membantu tubuh untuk menyerap triptofan.

Dengan begitu, jika kamu makan protein dan karnohidrat maka hasilnya akan semakin mudah ngantuk.

Beberapa makanan berprotein yang mengandung tripofan adalah ikan salmon, unggas, telur, bayam, biji-bijian, susu, produk kedelai, keju.

Sementara makanan berkabrohidrat tinggi adalah nasi, roti, biskuit, donat, makanan bergula, dan lain sebagainya. 

Para ahli merekomendasikan untuk gak makan siang terlalu banyak untuk menghindari merosotnya energi di sore hari. Bagaimanapun, makan menyababkan gula darah naik dan mengahasilkan penurunan energi. 

Selain makanan, kelelahan atau ngantuk usai makan juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti kurang tidur atau minum alkohol saat makan.

Beberapa hal yang perlu dilakukan agar tidak ngantuk setelah makan adalah dengan makan sedikit namun lebih sering, tidur malam yang cukup, hingga terapi cahaya atau membuat tubuh terpapar cahaya yang terang.

Baca Juga: Dijamin Gak Bikin Ngantuk, Ini 3 Resep Sayur untuk Sahur Pertama yang Bisa Bikin Energi Melesat Pesat! Moms Mau Coba Gak?

Baca Juga: Rasanya Enak Sih, tapi Deretan Menu Sarapan Ini Ternyata Bikin Mengantuk dan Malas Berativitas, Nomor 3 Favoritnya Banyak Orang!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Artikel Pilihan