Beauty merasa susah mematikan otak di malam hari? Alhasil selalu kelelahan karena kurang tidur.

Kurang tidur dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari depresi hingga penyakit kardiovaskular. Pastikan kamu bisa tertidur dengan cepat sehingga kamu bisa mendapatkan istirahat malam yang nyenyak. 

Ikuti beberapa cara di bawah ini untuk tidur yang nyenyak.

1. Buat daftar tugas

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa menulis daftar tugas yang harus dilakukan membantu orang tertidur sembilan menit lebih cepat daripada orang yang menulis tentang tugas yang telah mereka selesaikan hari itu. Semakin panjang dan lebih rinci daftar, semakin cepat mereka tertidur.

Mungkin tampak berlawanan dengan intuisi bahwa berfokus pada tanggung jawab esok hari akan menghasilkan tidur yang lebih cepat, tetapi para peneliti berpikir tindakan menuliskan mereka di atas kertas membantu menjernihkan pikiran dan akhirnya bisa istirahat. 

2. Bangun dari tempat tidur

Tetap di tempat tidur dan memaksa untuk tertidur adalah ide yang buruk, kata Cormac O'Donovan, MD, profesor neurologi di Wake Forest Baptist Medical Center, karena itu dapat melatih otakmu untuk mengasosiasikan tempat tidur dan kamar kamu dengan insomnia dan kekhawatiran, dan itu hanya hanya akan memperburuk masalah tidur seiring waktu. 

Sebaliknya, jika kamu terjaga selama lebih dari 20 hingga 30 menit, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan hal lain.

Tetap terjaga hingga benar-benar lelah dapat membantumu menemukan pola tidur yang paling sesuai, selama kamu masih bisa bangun di pagi hari tanpa masalah.

3. Baca buku

Ada aturan khusus dalam cara ini, kamu boleh membaca buku tapi enggak yang terlalu menarik. Kalau menarik, kamu akan terbawa suasana sampai akhirya terus membaca dan lupa waktu.

Aturan kedua, bacalah buku fisik bukan buku digital. Karena cahaya dari layar malah membuat matamu mudah sakit dan semakin susah tidur.

4. Dengarkan podcast

Podcast atau buku audio juga dapat mengalihkan pikiranmu dari segala kekhawatiran, dan dapat menjadi pilihan alternatif yang baik dari membaca.

Kamu bisa menggunakan headphone untuk mendengarkan tanpa mengganggu pasangan tidurmu yang mungkin sudah terlelap.

5. Atur napas

Cara lain untuk menenangkan pikiranmu bisa melalui latihan pernapasan sederhana. 

“Pikiran kamu pasti akan mengembara kembali ke hal-hal lain, tetapi yang terpenting adalah terus membawanya kembali ke pengaturan pernapasan. Tarik dan hembuskan,” kata Dr. O'Donovan. 

Napas dalam dan lambat juga dapat memperlambat detak jantung yang dapat berguna jika kamu merasa cemas atau memikirkan sesuatu yang terlalu berat.

Kamu bisa melakukan pernapasan diafragma sambil berbaring di tempat tidur, tanpa menyalakan lampu atau mengganggu pasanganmu.

Baca Juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Mengalami Insomnia?

Letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut. Tarik napas melalui hidung selama sekitar dua detik, rasakan perutmu mulai mengembang, lalu dorong perlahan perutmu saat kamu mengeluarkan napas perlahan. Terus ulangi sampai kamu merasa lelah ingin tidur.