Menu

Duet Fia Prasetyahadi dan Amanda Sotya Rusli Bangun Ekosistem Bisnis Fashion 'Full Service' untuk UMKM Lewat Casa Creativa Pro, Seperti Apa?

29 Desember 2022 15:40 WIB
Duet Fia Prasetyahadi dan Amanda Sotya Rusli Bangun Ekosistem Bisnis Fashion 'Full Service' untuk UMKM Lewat Casa Creativa Pro, Seperti Apa?

Amanda Sotya Rusli (kiri) dan Fia Prasetyahadi (kanan), saat grand launching PT. Casa Creativa Pro, di Olpops Café, di kawasan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2022). (Riana/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, fashion kini dianggap sebagai identitas sosial. Antusiasme masyarakat, khususnya generasi muda, sangat tinggi di bidang fashion ini. Tak pelak, bisnis fashion merupakan salah satu usaha yang menjanjikan karena perkembangannya cepat sekali. 

Hanya saja, tak dapat dipungkiri bahwa bisnis fashion pun punya tantangannya tersendiri. Adapun, permasalahan yang umum terjadi dalam bisnis fashion ini diantaranya kurang matangnya bisnis plan, kesulitan dalam hal produksi, hingga terkait strategi pemasaran. 

Atas dasar itulah, Fia Prasetyahadi, yang selama ini dikenal sebagai desainer sekaligus pemilik brand Hurrem by Fia menggandeng Amanda Sotya Rusli, yang notabene seorang fashion designer serta berpengalaman sebagai pengajar di sekolah fashion dan lulusan sekolah designer di Italia, mendirikan PT Casa Creativa Pro untuk mengakomodir para designer dan pelaku usaha yang berkaitan dengan fashion lainnya untuk memproduksi sekaligus menentukan pasarnya.

Fia yang menjabat CEO Casa Creativa Pro menuturkan, Casa Creativa Pro ini pun didirikan untuk wadah berkumpulnya brand-brand lokal maupun UMKM yang ingin berkreativitas di industri fashion Indonesia. 

"Awalnya saya melihat temen-temen pada saat sekolah desain itu berkreasi dengan skill yang dia dapat, tapi terbatas. Nah di sinilah kenapa kita mendirikan Casa Creativa Pro untuk membantu merealisasikan kreativitas mereka,” tutur Fia, saat press conference grand launching PT. Casa Creativa Pro, di Olpops Café, di kawasan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2022).

“Jadi kita udah siap agar mereka bisa istilahnya merealisasikan mimpi mereka untuk dapat brand, kami akan membantu dari mulai proses produksi, dari mulai nol. Bahkan mulai dari mereka mau belajar desain, cutting, produksi, sampai akhirnya mereka menjual dan memasarkan produk. Itulah fungsi kami di sini," sambung Fia.

Fia juga menuturkan, Casa Creativa Pro yang juga bisa dibilang sebagai konsultan bagi para perintis usaha fashion ini bisa jadi wadah titik temu para insan kreatif dan buyer, sehingga bisa saling membantu dan bisa maju bersama.

"Kami pun hadir untuk membantu merealisasikan kreativitas dan membantu apa yang mereka butuhkan pada saat memproduksi dan menyiapkan pasarnya dan memberikan edukasi melalui pelatihan. Kami juga akan mengarahkan sampai mereka benar-benar menjadi pengusaha yang siap dilepas,," terangnya.

Dituturkan Fia, hingga saat ini sudah 10 brand yang telah bergabung dengan Casa Creativa Pro. Dan, ia pun membuka kesempatan bagi brand lokal lain untuk bergabung.

“Harapannya sih biar mengurangi brand luar masuk kesini, biar kita sama-sama hidup, survive, karena dunia fashion disini besar banget dan pasarnya luar biasa, ” ujarnya.

Baca Juga: Jadi Pegiat Lingkungan, Siska Nirmala Ajak Generasi Muda Terapkan Konsep Hidup Zero Waste Melalui Pilah Sampah

Baca Juga: 15 Tahun Berkiprah Jadi Pengajar Mode di Luar Negeri, Amanda Sotya Rusli Ungkap Solusi Jitu dalam Merintis Brand Fashion, Simak Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: