Musim hujan seperti sekarang ini memang bikin gampang sakit ya, Moms. Ngga cuma orang dewasa, tapi anak-anak bahkan bayi juga rentan sakit saat musim hujan tiba. Kondisi yang lembap bisa menyebabkan perkembangbiakan kuman dan bakteri meningkat. Nah, apa aja penyakit di musim hujan yang patut diwaspadai? Yuk kita simak artikel di bawah ini supaya Moms bisa lebih berhati-hati dengan si kecil.

1. Batuk Pilek

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim bisa membuat kesehatan si kecil jadi kurang stabil. Gejalanya si kecil sudah keluar ingus, batuk, hingga demam. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya, tapi batuk pilek bisa mengganggu kenyamanan si kecil. Berikan air minum lebih banyak dan gunakan vaporizer untuk melegakan hidungnya. Segera periksa ke dokter bila kondisi si kecil terlihat semakin memburuk.

2. Demam Berdarah

Musim hujan seperti sekarang ini, nyamuk juga pasti akan berkembang biak dengan cepat. Nah kalau sudah seperti ini, demam berdarah bukanlah penyakit yang mustahil. Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, Moms bisa membersihkan semua benda yang berpotrnsi bisa menampung air. Bak mandi juga lebih sering dibersihkan ya, Moms. Selain itu, Moms juga bisa memasang kelambu agar si kecil terhindar dari gigitan nyamuk nakal.

3. Diare

Baca Juga: Moms Perlu Waspada, 5 Jenis Penyakit Ini Rentan Menyerang Si Kecil saat Musim Hujan!

Cuaca yang lembab membuat beberapa bakteri berkembang biak dengan lebih cepat. Moms harus lebih memperhatikan penyimpanan makanan dan kebersihan si kecil agar terhindar dari diare. Meskipun mudah disembuhkan, tapi penyakit diare bila tidak ditangani dengan serius bisa menyebabkan dehidrasi hingga kematian. Pastikan tangan si kecil bersih setiap saat ya, Moms.