Menu

Penderita Maag Wajib Tahu, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Maag Jadi Penyakit Akut

02 Januari 2023 11:20 WIB
Penderita Maag Wajib Tahu, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Maag Jadi Penyakit Akut

Ilustrasi merasakan sakit maag. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Maag merupakan salah satu penyakit yang timbul karena gaya hidup yang kurang sehat. Penyakit ini bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Penyebab kambuhnya pun bisa muncul dari berbagai faktor. Biasanya, penyakit maag yang lama tak diobati dan terus melakukan gaya hidup tak sehat membuat Maag bisa menjadi penyakit akut. Nah, berikut adalah kebiasaan tersebut, diantaranya:

1. Langsung berbaring setelah makan

Langsung berbaring setelah makan ternyata bisa memicu naiknya makanan dan asam lambung ke kerongkongan. Ini pun bisa menyebabkan mual, nyeri dada atau perut.

2. Porsi makan terlalu besar

Makan dalam porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ketika makan terlalu banyak, lambung juga menerima tekanan berlebih karena meregang dengan cepat. Inilah yang lantas menjadi penyebab maag.

3. Minum alkohol secara berlebihan

Kebiasaan minum alkohol secara berlebihan bisa menyebabkan iritasi dan pengikisan lapisan lambung. Akibatnya, lambung menjadi lebih rentan terhadap kerusakan akibat terkena asam lambung secara terus-menerus.

4. Merokok 

Kebiasaan merokok dapat mengendurkan kekuatan otot sfingter kerongkongan bagian bawah. Otot ini berfungsi mencegah naiknya isi lambung ke kerongkongan. Jika otot sfingter melemah, asam lambung dapat mengalir naik dan menyebabkan heartburn.

5. Makan makanan dan minuman tertentu

Ketika gejala maag muncul, coba perhatikan makanan dan minuman yang akhir-akhir ini sering kamu konsumsi. Makanan dan minuman tertentu ternyata dapat memicu kambuhnya maag dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Sebaiknya hindari makanan dan minuman penyebab maag berikut ini:

1. Makanan pedas. Meski tidak memicu produksi asam, makanan pedas atau mengandung bawang putih bisa memperparah gejala maag.

2. Makanan tinggi lemak. Makanan tinggi lemak dapat memperlambat waktu pengosongan lambung sehingga asam lambung berisiko naik ke kerongkongan.

3. Buah-buahan asam. Jeruk, lemon, tomat, dan sejenisnya dapat memperburuk gejala maag.

4. Minuman tertentu. Minuman bersoda, berkarbonasi, dan berkafein adalah penyebab maag yang sangat umum.

Baca Juga: Banyak yang Gak Sadar, 5 Kebiasaan Ini Ternyata Jadi Penyebab Penyakit Maag Akut

Baca Juga: 5 Kebiasaan Penyebab Maag Akut Ini Jarang Disadari Lho, Wajib Tahu Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.