Menu

Mulai Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023, Stop Kebiasaan Sering Makan Mie Instan, Ini Alasannya!

02 Januari 2023 14:05 WIB
Mulai Hidup Lebih Sehat di Tahun 2023, Stop Kebiasaan Sering Makan Mie Instan, Ini Alasannya!

Seblak Mie (Sumber/Dapur Kobe)

HerStory, Bandung —

Mie Instan memang jadi makanan favorit banya orang karena selain rasanya yang enak, pembuatannya juga tak memakan waktu yang lama. Namun, demi menjaga hidup yang lebih sehat di tahun 2023 ini, ada baiknya untuk menghindari konsumsi mie instan terlalu sering. Hal ini dikarenakan ada bahaya yang mengintai jika terlalu sering menyantap mie instan, diantaranya:

Lemak Jenuh

Mie instan diketahui mengandung lemak jahat. Lemak jahat yang dimaksud adalah lemak jenuh dan lemak trans. Kandungan ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah jika terlalu sering dikonsumsi. Padahal, kadar kolesterol yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Susah Dicerna

Terlalu sering mengonsumsi mie instan juga bisa memengaruhi penceranaan. Pasalnya, pencernaan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memproses mie instan. Akibatnya, proses pencernaan jadi terbebani. Selain itu, kadar gula darah dan pelepasan insulin juga bakal terganggu.

Tinggi Garam

Mie instan memiliki kangungan garam yang tinggi. Konsumsi garam yang tinggi menjadi faktor utama kematian di dunia. Konsumsi garam atau natrium berlebihan bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Tepung Terigu Tinggi Olahan

Mie instan terbuat dari tepung terigu yang telah diolah melalui berbagai macam proses. Dimulai dari digiling, disuling, hingga mengalami proses pemutihan. Faktanya, semakin sering suatu produk diolah makan semakin berkurang juga nutrisinya. 

Tepung terigu yang telah mengalami pemrosesan tinggi juga mengandung kalori kosong dan jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu obesitas.

Baca Juga: 4 Bahaya Makan Mie Instan yang Sering Gak Disadari, Mending Jangan Sering-sering Deh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.