Menu

Kini Jadi Inspirasi, Simak Perjalanan Karier IU yang Sempat Alami Masa Lalu Kelam hingga Didiagnosis Bulimia

02 Januari 2023 15:15 WIB
Kini Jadi Inspirasi, Simak Perjalanan Karier IU yang Sempat Alami Masa Lalu Kelam hingga Didiagnosis Bulimia

Lee Ji Eun (IU) (Instagram/@dlwlrma)

HerStory, Jakarta —

Sosok penyanyi solo terkenal asal Korea Selatan, IU atau pemilik nama asli Lee Ji Eun belakangan ini menjadi sorotan penggemar industri hiburan Korea Selatan, lantaran dirinya dikabarkan telah berkencan dengan aktor populer Korea Selatan, yaitu Lee Jong Suk.

Sebagaimana diketahui hubungan IU dan Lee Jong Suk memang sudah bersahabatan sejak lama, hingga akhirnya keduanya pun tak segan mengumumkan hubungan asmaranya kepada publik terutama penggemarnya.

Baca Juga: Dikabarkan Berkencan dengan Lee Jong Suk, Lee Ji Eun (IU) Tulis Surat untuk Penggemar, Akui Minta Maaf: Saya Sangat Menyesal

Meski kehidupan asmara IU baru-baru ini menjadi sorotan, namun perjalanan karier penyanyi solo wanita kelahiran 16 Mei 1993 itu juga tak kalah menarik.

Apalagi, pemiliki suara tinggi ini selalu sukses menyihir para penggemarnya dengan suara merdunya melalui lagu-lagu yang memiliki makna mendalam.

Di balik kesuksesannya sebagai solois peraih penghargaan musik Korea terbanyak, ternyata IU telah melewati berbagai tantangan dalam hidupnya untuk berhasil meraih karier nya seperti sekarang ini.

1. Lulusan SMA Putri Dongduk

IU atau Lee Ji Eun merupakan lulusan SMA Putri Dongduk dan menyukai Sastra Korea. Diketahui IU memiliki nilai Sastra Korea yang bagus sewaktu masih sekolah.

2. Ditolak Puluhan Agensi, Termasuk JYP Entertainment

Sejak masih berusia 12 tahun, IU sudah bermimpi menjadi seorang penyanyi. 

Namun, ternyata perjalanan kariernya di dunia tarik suara tidaklah mudah, ia harus menerima kenyataan dirinya ditolak oleh puluhan agensi, salah satunya JYP Entertainment.

3. Debut 2008

Sampai akhirnya, IU pun memulai debutnya sebagai penyanyi pada tahun 2008 dengan lagunya yang berjudul 'Lost Child' di acara Mnet, M! Countdown.

Namun, pada saat itu singel pertamanya tak begitu sukses seperti sekarang.

Perlahan namun pasti, namanya mulai melambung tinggi, terutama setelah merilis lagu ‘Boo’ dan ‘Marshmallow’.

4. Kolaborasi dengan Suga BTS

Di tahun 2020, IU berkolaborasi dengan Suga BTS untuk menciptakan singel kolaborasi. 

Diketahui, singel kolaborasi IU dan Suga BTS berjudul 'Eight'.

5. Membintangi Sejumlah Drama Korea

IU pun mengembangkan bakatnya di dunia akting dan telah membintangi sejumlah drama Korea, beberapa ada drama yang populer.

Di antaranya, Dream High, Salamander Guru and The Shadows, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo dan Hotel del Luna. 

Baca Juga: IU dan Park Bo Gum Dikonfirmasi untuk Drama Baru 'You Have Done Well', Mengisahkan Seorang Wanita Bercita-Cita Sebagai Penyair

Baca Juga: YouTuber Korea Selatan Bongkar Hubungan Lee Jong Suk dan IU, Sebelum Dikonfirmasi Berkencan, Ternyata...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Yolanda Bonnita