Menu

Awas Demam Berdarah Menyerang saat Musim Hujan, Ini 3 Fase DBD pada Anak, Perhatikan Moms!

03 Januari 2023 08:00 WIB
Awas Demam Berdarah Menyerang saat Musim Hujan, Ini 3 Fase DBD pada Anak, Perhatikan Moms!

Ilustrasi anak demam dan termometer (optimisticmommy.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk di daerah tropis dan subtropis di dunia. Setiap tahunnya, ada jutaan kasus infeksi DBD yang terjadi di seluruh dunia.

DBD menjadi salah satu penyakit berbahaya yang harus segera ditangani. Jika dibiarkan, maka penyakit DBD ini bisa mengancam nyawa penderitanya.

Melansir dari berbagai sumber (3/1/2022), ada beberapa fase yang harus dilewati pada anak jika terkena DBD. Moms, harus benar-benar memerhatikan kondisi si kecil, ya.

Berikut ini tiga fase yang bisa dialami anak saat terkena DBD. Yuk, simak baik-baik ya, Moms!

Fase demam

Awalnya, DBD menunjukkan gejala demam tinggi. Demam akan terjadi hingga 40 derajat celsius. Umumnya, demam akan berlangsung selama 2-7 hari.

Pada fase ini, anak akan mengalami nyeri pada tubuh, termasuk otot, tulang, sendi, tenggorokan, hingga kepala. Gejala lainnya yang paling sering muncul adalah bintik-bintik kemerahan di kulit.

Fase kritis

Selanjutnya, anak akan memasuki fase kritis. Pada fase ini, suhu tubuh sudah menurun hingga di bawah 38 derajat celsius. Kebanyakan, pasien DBD menganggap bahwa dirinya sudah pulih dari sakit. Padahal, di fase ini bisa terjadi perdarahan dan kebocoran plasma darah. 

Dalam kasus yang cukup parah, detak jantung dan tekanan darah mungkin berfluktuasi dan turun ke tingkat yang sangat rendah serta bisa merusak organ vital, seperti ginjal dan hati.

Baca Juga: Waspada Nyamuk DBD di Musim Hujan! Kenali 3 Fase yang Bakal Dialami Pasien Demam Berdarah Sebelum Kritis, Ternyata...

Baca Juga: Waspada Demam Berdarah di Musim Hujan, Dokter Zaidul Akbar Bagikan Resep Alami untuk Menaikan Trombosit, Intip Yuk!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.