Menu

Bahaya Kolesterol Tinggi: Waspadai Tanda-tanda Peringatan Seperti Ini di Kaki Beauty, Sensasinya Ngeri...

03 Januari 2023 08:25 WIB
Bahaya Kolesterol Tinggi: Waspadai Tanda-tanda Peringatan Seperti Ini di Kaki Beauty, Sensasinya Ngeri...

Ilustrasi nyeri tulang kaki. (ThinkStock/Edited By HerStory)

HerStory, Bogor —

Beauty, selama bertahun-tahun, kolesterol telah mendapatkan nama yang buruk. Kaitannya dengan penyakit jantung, terutama serangan jantung dan stroke, membuatnya sangat memprihatinkan. Namun, kolesterol itu sendiri tidak buruk. Sebaliknya, zat lilin ini membantu membangun sel sehat.

Di antara dua jenis kolesterol - Low-density lipoprotein (LDL) dan High-density lipoprotein (HDL) - LDL adalah kolesterol 'jahat', yang kelebihannya dapat membuat dinding arteri menyempit, menghalangi darah untuk melewatinya dan mengalir melalui mereka.

Mengapa kolesterol tinggi disebut 'silent killer'

Sebagian besar waktu, kolesterol tinggi mungkin tak memanifestasikan dirinya melalui gejala. Namun, plak yang menumpuk di pembuluh darah dapat menimbulkan banyak penyakit lain yang dapat menimbulkan gejala yang mengkhawatirkan.

Seperti yang telah dibahas, timbunan lemak di pembuluh darah dapat mempersulit cukup darah untuk melewati dan mengalir melalui arteri. Ini juga disebut aterosklerosis. Selain itu, terkadang, endapan ini dapat pecah dan membentuk gumpalan, yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Rasa Sakit Pada Kaki, Ini 3 Tanda Penyakit Kolesterol Pada Kaki yang Harus Moms Pahami

Baca Juga: Gak Banyak yang Tahu, Ini 3 Gajala Kolesterol Tinggi yang Muncul di Kuku, Cek Sekarang Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.