Moms, suka pusing ngga sih kalau si kecil susah tidur? Sudah menggunakan berbagai cara tapi masih aja si kecil susah tidur. Tapi, coba Moms mendongeng di depan si kecil. Selain meningkatkan interaksi, si kecil juga bisa lebih fokus pada makna cerita yang disampaikan. Yuk kita intip apa aja dongeng yang cocok untuk si kecil.

1. Malin Kundang

Siapa yang tak kenal dengan cerita Malin si Anak Durhaka? Dongeng ini sudah sangat melekat di benak kita ya, Moms. Kisah tentang seorang anak dan ibunya yang hidup dalam keadaan miskin membuat Malin memutuskan untuk merantau, meninggalkan ibunya sendiri di kampung halaman. Tak disangka, setelah sukses justru Malin lupa ibunya. Kisah ini mengandung makna bahwa sesukses apapun anak, hendaknya kita tidak boleh lupa apalagi bersikap kasar pada orang tua.

2. Timun Emas

Anak kecil yang lahir dari sebuah timun? Apalagi kalau bukan Timun Emas. Cerita tentang seorang janda tua yang tak kunjung dikaruniai anak yang akhirnya diberikan bayi dari dalam timun. Cerita ini mempunyai makna yang dalam lho, Moms. Kalau dalam cerita Malin Kundang anak kandung durhaka pada ibunya, justru Timun Emas yang bukan anak kandungnya sangat sayang dan tak ingin meninggalkan ibunya. Duh, so sweet banget ya.

3. Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Baca Juga: Dear Moms, 5 Kebiasaan Orang Tua Ini Bikin Anak Susah Sukses, Apa Aja?

Kalau Malin Kundang durhaka pada ibunya, Timun Emas yang bukan anak kandung justru tak ingin meninggalkan ibunya, nah Sangkuriang malah jatuh cinta pada ibunya! Dikisahkan Dayang Sumbi hidup bersama putranya, Sangkuriang di tengah hutan di daerah Jawa Barat. Karena miskin, Sangkuriang terpaksa merantau. Setelah bertahun-tahun merantau, Sangkuriang kembali ke kampung halaman dan tak menyadari yang ia sukai adalah ibunya sendiri. Cerita ini mengandung makna bahwa sebagai anak, janganlah kita keras kepala.