Menu

Jangan Nyesel Belakangan, Ini Tanda-tanda Umum Batu Ginjal yang Gak Boleh Diabaikan, Cek. Sekarang!

03 Januari 2023 12:10 WIB
Jangan Nyesel Belakangan, Ini Tanda-tanda Umum Batu Ginjal yang Gak Boleh Diabaikan, Cek. Sekarang!

Ilustrasi wanita mengalami sakit ginjal (Shutterstock/Fizkes)

HerStory, Bogor —

Beauty, mereka yang pernah mengalami batu ginjal akan tahu bahwa itu bisa sangat tak nyaman. Batu ginjal adalah endapan keras yang terbentuk dari mineral dan garam yang berkembang di dalam ginjal kita, jelas Mayo Clinic.

Beberapa faktor termasuk diet, kelebihan berat badan, kondisi medis tertentu dan beberapa suplemen dan obat-obatan dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Gejalanya pun dapat bervariasi dari orang ke orang, tergantung pada seberapa lanjut kondisinya. Konon beberapa tanda batu ginjal yang paling umum adalah sebagai berikut, sebagaimna dikutip dari Times of India, Selada (3/1/2023).

1. Rasa sakit yang hebat

Menurut Mayo Clinic, batu ginjal yang berkembang di ureter dapat menghalangi aliran urin dan menyebabkan ginjal membengkak dan ureter mengalami kejang, yang bisa sangat menyakitkan.

Badan kesehatan menggambarkan rasa sakit sebagai 'parah, tajam' yang terjadi di samping dan belakang, di bawah tulang rusuk.

Selain itu, nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan selangkangan, yang datang bergelombang dan intensitasnya berfluktuasi atau sensasi terbakar saat buang air kecil juga bisa menandakan batu ginjal.

Baca Juga: Demen Makan Terong? Ternyata Gak Baik untuk Kesehatan Lho Moms, Efeknya Bisa Picu Penyakit Batu Ginjal, Simak Penjelasannya!

Baca Juga: Meski Terbukti Sehat, Penderita Batu Ginjal 'Haram' Mengonsumsi 3 Buah Ini, Buruan Hindari Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.