Menu

Seringkali Tak Terdiagnosis, Ternyata Gangguan ADHD Lebih Banyak Diidap Wanita Lho, Kenali Sederet Gejalanya Ini Ya Beauty!

03 Januari 2023 16:05 WIB
Seringkali Tak Terdiagnosis, Ternyata Gangguan ADHD Lebih Banyak Diidap Wanita Lho, Kenali Sederet Gejalanya Ini Ya Beauty!

Ilustrasi ADHD. (Times of India/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, pernahkah kamu mendengar tentang Attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD)?

Ya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS sendiri mendefinisikan ADHD sebagai salah satu gangguan perkembangan saraf yang paling umum pada masa kanak-kanak. 

Menurut badan kesehatan itu, anak-anak dengan ADHD memiliki 'kesulitan memperhatikan, mengendalikan perilaku impulsif, atau menjadi terlalu aktif.' 

Dan yang mengkhawatirkan tentang kondisi ini adalah seringkali tak terdiagnosis, dan ternyata lebih banyak diidap wanita, lho! Kok bisa ya? 

Dikutip dari Times of India, Selasa (3/1/2022), yuk simak ulasannya di bawah ini, Beauty!

Perbedaan ADHD pada pria vs wanita

The Verywell Mind menyatakan bahwa kesenjangan diagnosis antara pria dan wanita terjadi karena secara tradisional diyakini bahwa ADHD kebanyakan menyerang pria. 

Selain itu, karena wanita cenderung menunjukkan gejala yang kurang jelas atau mengganggu secara sosial dibandingkan pria, kondisi tersebut tetap tidak terdiagnosis pada mereka.

Menurut para ahli, ADHD memanifestasikan dirinya dalam tiga cara. Ini termasuk lalai, hiperaktif/impulsif, atau kombinasi keduanya. 

Sementara pria atau anak laki-laki dikatakan memiliki perilaku yang lebih hiperaktif/impulsif, gejala mereka lebih terkait dengan ADHD. Sebaliknya, wanita atau anak perempuan memiliki ADHD lalai, yang lebih halus dalam hal gejala.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: