Menu

Beauty, Cek Kesehatan Jantungmu Sejak Dini! Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukannya, Kapan?

03 Januari 2023 18:35 WIB
Beauty, Cek Kesehatan Jantungmu Sejak Dini! Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukannya, Kapan?

Ilustrasi dokter yang tangani pasien positif COVID-19. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, tahukah jika penyakit jantung di Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai penyakit terbanyak yang dialami orang? Bahkan, serangan jantung sering kali menjadi penyebab kematian seseorang.

Untuk itu, edukasi terhadap serangan jantung perlu dilakukan, termasuk pemeriksaan rutin. Melansir Independent, Selasa (3/1/2023), menurut Asosiasi Jantung Amerika, penting untuk melakukan pemerikasaan jantung sejak usia 20 tahun.

Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan fisik dan wawancara medis, Elektrokardiogram (EKG) atau alat rekam listrik jantung, hingga foto X-Ray atau awam kerap menyebutnya dengan istilah rontgen.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, dr. Vito Anggarino Damay, Sp. JP, menjelaskan, pemeriksaan fisik dan wawancara medis yang dilakukan oleh dokter. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui adanya potensi kelainan atau kerusakan pada bagian organ vital ini. 

Dengan demiikian, jika ditemukan kebocoran jantung, sekat jantung, gangguan irama jantung, lemah jantung, atau kecurigaan penyakit jantung koroner bisa langsung didiagnosa.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Makan Kulit Jeruk Ternyata Ampuh Tingkatkan Kesehatan Jantung, Ini Sederet Manfaat Lainnya

Baca Juga: Mudah Ditemukan, Ini 3 Bahan Herbal Ampuh Jaga Kesehatan Jantung Moms, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.