Menu

Gak Disangka! 3 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Pembuluh Darah Pecah, Stop Sekarang Ya

03 Januari 2023 16:15 WIB
Gak Disangka! 3 Kebiasaan Ini Bakal Bikin Pembuluh Darah Pecah, Stop Sekarang Ya

Ilustrasi peredaran darah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Belum lama ini Indra Bekti dikabarkan mengalami pecah pembuluh darah. Hal merupakan kondisi fatal yang dapat menyerang siapapun.

Pecah pembuluh darah atau pendarahan otak dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari trauma kepala karena cidera hingga gaya hidup. Apalagi ada kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menyebabkan seseorang mengalami pecah pembuluh darah, lho.

Berikut beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan pendarahan otak akibat pecah pembuluh darah.

1. Merokok

Kandungan nikotin pada rokok dapat memicu terjadinya pecah pembuluh darah. Selain itu, dampak merokok adalah stroke hemoragik yang mana dapat terjadi akibat pecahnya pembuluh darah tertentu dalam otak.

2. Mengonsumsi alkohol

Orang yang mengonsumsi alkohol memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami pecah pembuluh darah. Biasanya penderita akan mengalami serangan pada usia 60 tahun.

3. Mengonsumsi makanan berlemak

Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi juga berisiko menyebabkan pecah pembuluh darah. Berdasarkan American Store Association (ASA), terdapat penelitian terhadap wanita menopause yang terbiasa mengonsumsi makanan berlemak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka cenderung lebih berisiko mengalami stroke iskemik 40% lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsi makanan berlemak.

Baca Juga: Belajar dari Indra Bekti, Ini 5 Fakta Penting yang Wajib Beauty Tahu Tentang Pendarahan Otak, Catat Ya!

Baca Juga: Nenek Raffi Ahmad Meninggal Dunia Akibat Penyakit Stroke, Ketahui Apa Saja Pemicu Penyakit Mematikan Ini Yuk Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.