Menu

Waspada Nyamuk DBD di Musim Hujan! Kenali 3 Fase yang Bakal Dialami Pasien Demam Berdarah Sebelum Kritis, Ternyata...

04 Januari 2023 12:55 WIB
Waspada Nyamuk DBD di Musim Hujan! Kenali 3 Fase yang Bakal Dialami Pasien Demam Berdarah Sebelum Kritis, Ternyata...

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms, musim hujan seperti sekarang ini mulai banyak penyakit menyerang kita, salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD). Penyakit ini tak boleh diabaikan karena bisa merenggut nyawa jika tak segera ditangani dengan tepat.

Seperti diketahui, DBD menginfeksi manusia lewat gigitan nyamuk betina Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Jika sampai tergigit nyamuk jenis ini, maka akan timbul gejala DBD yang terdiri dari tiga fase.

1. Fase demam

Pada fase ini, penderita akan mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celsius antara 2-7 tujuh hari. Gejala lain yang mungkin timbul pada fase pertama adalah sakit kepala, nyeri pada beberapa anggota tubuh, sakit tenggorokan, dan muncul bintik-bintik merah pada permukaan kulit.

Fase ini sangat rawan mengalami penurunan trombosit secara drastis. Jika dibiarkan akan menyebabkan pendarahan berkepanjangan.

2. Fase kritis

Meskipun demam dan gejala lainnya berangsur membaik, namun ternyata DBD belum benar-benar sembuh. Fase ini justru yang paling berbahaya dan mengancam jiwa. Fase kritis terjadi pada 3-7 hari sejak mengalami demam dan berlangsung selama 24-48 jam.

Penderita sangat rawan terjadi dehidrasi dan kebocoran plasma jika tidak ditangani dengan benar.   

Baca Juga: Waspada Nyamuk DBD di Musim Hujan Moms! Ini 3 Cara Mudah untuk Mengusirnya dari Rumah, Terakhir Sering Dilupakan Nih

Baca Juga: 7 Booster Imun Alami untuk Tubuh saat Terkena DBD, Bantu Pulih Lebih Cepat Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari