Menu

Sakit Tenggorokan Setelah Bangun Tidur? 5 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya!

05 Januari 2023 13:35 WIB
Sakit Tenggorokan Setelah Bangun Tidur? 5 Hal Ini Mungkin Jadi Penyebabnya!

Ilustrasi sakit tenggorokan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Merasa sakit tenggorokan setelah bangun tidur adalah salah satu kondisi yang membuat tubuh tak segar. Sakit tenggorokan saat bangun tidur juga ternyata bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, lho. Apakah saja yang jadi penyebabnya? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Infeksi virus

Infeksi virus bisa menjadi salah satu penyebab sakit tenggorokan saat bangun tidur. Misalnya, flu, campak, cacar air, dan monukleosis.

2. Polusi udara

Polusi udara bisa menyebabkan tenggorokan kering dan gatal saat bangun tidur. Untuk itu, penurunan kualitas udara menjadi masalah kesehatan yang harus diperhatikan.

3. Alergi

Beberapa alergen yang umum adalah debu, serbuk sari, jamur, bulu hewan peliharaan, dan masih banyak lagi. Salah satu gejalanya, yakni gatal, sakit tenggorokan, disertai mata berair.

4. Dehidrasi

Dehidrasi atau kekurangan air di dalam tubuh juga bisa menyebabkan sakit tenggorokan pada saat bangun tidur. Untuk itu, ketika udara mulai dingin, seseorang harus rajin menghidrasi dirinya sendiri.

5. Refluks asam

Gastroesophageeal reflux disease (GERD) atau refluks asam di malam hari juga bisa mengganggu pola tidurmu. Hal itu bisa membuat tenggorokan terasa sakit saat bangun tidur.

Baca Juga: Tenggorokan Gatal saat Bangun Tidur? Awas... Bisa Jadi 3 Penyakit Ini Mengintaimu Beauty!

Baca Juga: Begini Cara Alami Mengatasi Suara Serak Karena Sakit Tenggorokan, Salah Satunya Minum...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.