Menu

Kaget Bukan Main! Ternyata 4 Kebiasaan Buruk Ini yang Jadi Biang Kerok Diabetes di Usia Muda, Stop Sekarang!

06 Januari 2023 10:20 WIB
Kaget Bukan Main! Ternyata 4 Kebiasaan Buruk Ini yang Jadi Biang Kerok Diabetes di Usia Muda, Stop Sekarang!

Ilustrasi wanita sedang glucose meter untuk mengenali gejala brittle diabetes. (Freepik/jcomp)

HerStory, Jakarta —

Penyakit diabetes memang kerap menyerang pada usia 40 tahun ke atas. Namun, bukan berarti anak muda terhindar dari penyakit yang berkaitan dengan gula darah ini, Beauty. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak muda terserang diabetes. Bahkan, kebiasaan sehari-hari yang buruk bisa memicu penyakit ini, lho. 

Lalu, kira-kira apa saja penyebab diabetes di usia muda? Berikut HerStory rangkum informasi selengkapnya, Beauty!

1. Genetik

Diabetes di usia muda dapat disebabkan oleh faktor genetik atau turunan. Berdasarkan CDC Amerika Serikat, sebanyak 75% remaja mengidap diabetes tipe 2 karena dipengaruhi oleh faktor genetik. 

Angka ini semakin tinggi sebab dipengaruhi oleh pola hidup yang kurang sehat. Oleh karena itu, faktor risiko yang ada semakin tinggi hingga menyebabkan diabetes. 

2. Pola makan buruk

Salah satu pemicu diabetes pada anak muda adalah kebiasaan makan yang buruk. Gak sedikit anak muda yang memilih untuk menyantap makanan cepat saji dibandingkan masakan rumahan. 

Makanan cepat saji banyak mengandung natrium dan zat lain yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Asupan gula yang berlebih akan menyebabkan tubuh resisten akan insulin dan memicu terjadinya diabetes. 

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara ke-3 Tertinggi Konsumsi Gula, Cut Memey Bagikan Tips Cegah Diabetes! Tertarik Coba Beauty?

Baca Juga: Gak Banyak Orang Tahu, Ini 4 Gejala Diabetes yang Jarang Disadari, Terakhir Bisa Menguras Energimu Nih Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.