Menu

Jangan Dianggap Sepele, Jenis Gangguan Haid Ini Harus Diwaspadai, Bisa Pengaruhi Kesuburan Lho!

09 Januari 2023 15:15 WIB
Jangan Dianggap Sepele, Jenis Gangguan Haid Ini Harus Diwaspadai, Bisa Pengaruhi Kesuburan Lho!

Ilustrasi nyeri saat datang bulan. (Pinterest/Advantage Meals)

HerStory, Jakarta —

Beauty, wanita yang sudah memasuki usia pubertas akan mengalami haid atau menstruasi. Kondisi ini tentu perlu diperhatikan karena berhubungan dengan kesuburan wanita.

Bicara soal haid, wanita juga bisa mengalami gangguan haid. Hal itu terjadi ketika panjang siklus menstruasi terus berubah setiap bulannya.

"Umumnya, siklus haid pada wanita rata-rata 24 hari, tapi bisa berubah sedikit lebih pendek atau panjang. Jika memiliki siklus haid yang kurang dari 24 hari atau lebih dari 34 hari, maka bisa disebut mengalami gangguan haid," jelas Dr. dr. Liva Wijaya, SpOG, Dokter Spesialis Obgyn di Klinik Bayi Tabung Mbrio kepada HerStory (6/1/2023).

Dokter Liva juga menjelaskan bahwa ada beberapa jenis gangguan haid yang perlu diwaspadai oleh para wanita. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Baca Juga: PCOS Bisa Picu Gangguan Kesuburan, Begini Cara Jaga Siklus Menstruasi Kata Dokter Ahli, Simak Beauty!

Baca Juga: Bisa Pengaruhi Kesuburan, Ternyata Begini Lho 5 Cara Membedakan Sperma Subur dan Enggak, Buruan Kasih Tahu PakSu Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.