Menu

Si Kecil Panas Tak Kunjung Turun, Lebih Baik Kompres Panas Atau Dingin? Simak Penjelasan Dokter Anak Yuk Moms!

09 Januari 2023 23:20 WIB
Si Kecil Panas Tak Kunjung Turun, Lebih Baik Kompres Panas Atau Dingin? Simak Penjelasan Dokter Anak Yuk Moms!

Ilustrasi anak demam dan termometer (optimisticmommy.com/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Demam merupakan salah satu gejala penyakit yang sering ditemui. Hampir semua orang mungkin pernah mengalami tubuh demam. Demam sendiri biasanya ditandai dengan suhu tubuh meningkat, badan menggigil, berkeringat, lemas, sakit kepala, nyeri otot, dan sebagainya.

Nah, saat tubuh sedang demam, orang biasanya melakukan teknik menempelkan kompres pada dahi. Teknik turun temurun ini memang dikenal manjur mengurangi demam, tetapi lebih baik kompres dingin atau hangat, sih?

dr. Anna Kartika M.Biomed dari PMI Semarang mengatakan, sebaiknya tidak menggunakan kompres dingin. Namun, dr Anna juga tak menganjurkan kompres panas. Suhu yang cocok ialah yang hangat sehingga nyaman di dahi.

"Kain yang dibasahi air hangat berfungsi untuk mengendalikan demam," kata dr Anna.

Kain yang telah menjadi hangat ini akan bereaksi dengan dahi. Efeknya ialah tubuh akan mengeluarkan keringat, yang mana itu baik untuk orang yang sedang demam. Dengan demikian, suhu tubuh pelan-pelan akan menurun.

"Peredaran darah juga akan menjadi lancar," katanya.

Namun, yang perlu diperhatikan ialah metode ini hanya akan membuat tubuh terasa nyaman jika demam datang lagi. Ketika efek demam sudah makin terasa berat, berkonsultasi dengan dokter menjadi hal yang tetap dianjurkan.

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Jenis Demam Ini Tak Bisa Dianggap Enteng Moms, Bahayanya...

Baca Juga: Sebabkan Kematian, Ini 3 Gejala Demam yang Perlu Diwaspadai, Langsung Bawa ke Dokter Sebelum Nyawa Melayang, Ingat Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari