Menu

Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Karaoke Bisa Picu Penyakit Serius Lho Beauty, Begini Kata Dokter

09 Januari 2023 23:35 WIB
Gak Banyak yang Tahu, Ternyata Karaoke Bisa Picu Penyakit Serius Lho Beauty, Begini Kata Dokter

Avril Lavigne sedang bernyanyi di konsernya (The Jakarta Post/Edited by Herstory)

HerStory, Jakarta —

Tahukah kamu bahwa pita suara bisa rusak karena ulah sendiri? Menggunakan suara seperlunya rupanya dapat menjaga pita suara tetap sehat. Namun, bila berlebihan berbicara atau terlalu keras bernyanyi, hal tersebut bisa merusak pita suara.

Salah satu hal yang paling sering terjadi yakni bernyanyi dengan suasana asyik seperti berkaraoke. Kebiasaan ini justru dapat membuat pita suara dipaksakan untuk bernyanyi dengan suara keras. Hal ini tentu dapat menyebabkan serak.

Perlu diperhatikan, bila sudah terjadi serak pada suara jangan sesekali untuk tetap memaksakan berbicara, apalagi bernyanyi. Sebab, hal ini dapat menyebabkan kerusakan fatal pada pita suara.

Spesialis telinga hidung dan tenggorokan Yonian Gentilis Kusumasmara mengungkapkan, sering kali kerusakan pita suara tidak disadari bahkan dianggap remeh bagi banyak orang.

"Saat pita suara sedang rusak atau radang, sangat disarankan sama sekali tidak boleh dipaksakan apa lagi bernyanyi," ujar Yonian Gentilis Kusumasmara.

Yonian menjelaskan, menyanyi itu seperti akrobat tapi menggunakan pita suara. Jadi bisa dibayangkan bila memaksakan bernyanyi dapat memperburuk kondisi, bahkan bisa tidak mengeluarkan suara sama sekali.

"Sangat disarankan bila sudah mengalami suara serak cenderung radang, lebih baik seminggu tidak perlu bicara untuk recovery," jelasnya.

Baca Juga: Mendadak Suara Serak? Jangan Disepelekan Moms! Bisa Jadi Kamu Mengidap Penyakit Ini

Baca Juga: Bak Tersambar Petir, Ayu Ting Ting Dilaporkan ke Polisi Gegara 3 Orang Tewas di Tempat Karaoke Miliknya! Begini Faktanya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari