Menu

Penyakit Batu Ginjal Mengintai Kaum Muda, Ini 5 Gejala Awal dan Tips Pencegahan yang Gak Boleh Kamu Lewatkan!

10 Januari 2023 11:23 WIB
Penyakit Batu Ginjal Mengintai Kaum Muda, Ini 5 Gejala Awal dan Tips Pencegahan yang Gak Boleh Kamu Lewatkan!

Ilustrasi wanita mengalami sakit ginjal (Shutterstock/Fizkes)

HerStory, Jakarta —

Beauty, batu ginjal adalah massa padat yang terdiri dari kristal kecil di ginjal atau saluran kemih. Batu ginjal terutama disebabkan ketika mineral terlarut menumpuk di dalam ginjal. Mereka dapat berpindah ke saluran kemih dan di situlah mereka dapat menyebabkan masalah. Penyakit ini cukup umum dan cenderung diturunkan dalam keluarga.

Dr Praveen Pushkar, MBBS, MS(Bedah), DNB(Urologi) di Pristyn Care mengatakan, beberapa faktor yang berkontribusi pada perkembangannya mungkin juga termasuk konsumsi cairan yang rendah, asupan makanan, dan riwayat kesehatan seseorang. 

Batu ginjal mungkin kecil dan tak terlihat melalui saluran kemih, tetapi beberapa tumbuh seukuran bola golf. Mereka bisa terbentuk dalam beberapa minggu atau bulan ketika urinmu mengandung terlalu banyak zat tertentu. 

Kamu juga mesti tahu, Beauty, ada beberapa macam batu ginjal. Batu kalsium sejauh ini merupakan jenis yang paling umum. Batu yang lebih besar dapat menyebabkan rasa sakit yang parah saat keluar dari tubuh.

Tanda-tanda awal batu ginjal

Dikutip dari Times of India, Selasa (10/1/2023), Vikas Chawla, Ahli Ayurveda di Vedas Cure, mengungkap tanda-tanda berikut yang dapat menandakan batu ginjal, diantaranya:

1. Nyeri di perut bagian bawah, satu sisi atau punggung – nyeri yang tiba-tiba di perut bagian bawah atau satu sisi tubuh bagian atas atau di sekitar punggung bisa menjadi salah satu gejala awal batu ginjal.

2. Nyeri atau rasa terbakar saat buang air kecil- Jika kamu mengalami nyeri saat buang air kecil atau merasa ada tekanan, maka kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter, Beauty.

3. Urin berubah warna- Jika urinmu berubah warna, merah muda, coklat atau merah, ini mungkin merupakan indikasi batu ginjal yang parah.

4. Mual atau muntah- Merasa seperti mual atau muntah meskipun ada tanda-tanda keracunan makanan atau penyakit lain yang jelas, kamu mungkin memiliki batu ginjal yang memerlukan perhatian segera, Beauty.

5. Demam - Demam mendadak, jika bukan karena virus, mungkin merupakan indikasi penyakit batu ginjal.

Baca Juga: Demen Makan Terong? Ternyata Gak Baik untuk Kesehatan Lho Moms, Efeknya Bisa Picu Penyakit Batu Ginjal, Simak Penjelasannya!

Baca Juga: Duh Ngeri... Ini 5 Tanda Ginjal Rusak pada Wanita, Beauty Wajib Waspada Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.