Menu

Viral Jajanan Anak Ciki Ngebul Memakan Korban, Ini Penjelasannya Moms!

10 Januari 2023 13:40 WIB
Viral Jajanan Anak Ciki Ngebul Memakan Korban, Ini Penjelasannya Moms!

Ilustrasi jajanan ciki ngebul. (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Baru-baru ini ramai berita mengenai sebanyak tujuh siswa SD di Tasikmalaya, Jawa Barat keracunan setelah mengonsumsi es krim hidrogen atau dikenal dengan sebutan ciki ngebul. Kejadian ini pun terjadi pada akhir November 2022 lalu.

Adanya kejadian ini membuat Kementerian Kesehatan segera mengeluarkan instruksi untuk meminta dinas kesehatan kabupaten/kota dan rumah sakit melaporkan temuan kasus keracunan jajanan tersebut di wilayah masing-masing.

Jajanan ciki ngebul pun kini memnag memiliki daya tarik tersendiri, yakni bisa mengeluarkan asap saat dimakan. Hal ini membuat banyak anak-anak penasaran, bahkan hingga orang dewasa pun gemar dengan camilan ini.

Namun, ciki ngebul ini ternyata memiliki bahaya yang justru berasal dari asap tersebut. Asap yang mengepul berasal dari nitrogen cair atau liquid nitrogen. Liquid nitrogen memang bisa mengeluarkan asap saat berada dalam keadaan cari pada suhu yang sangat rendah.

Di Amerika sendiri, Badan Pengawas obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) pun telah memperingatkan agar es krim ini untuk tak dikonsumsi.

Nitrogen cair tersebut bisa membakar tenggorokan seseorang karena sangat dingin. Bahkan beberapa kasus ekstrim menyebutkan, ice smoke ini bisa menyebabkan kerusakan internal pada organ. Bahkan, menurut FDA, ice cmoke bisa mengacam jiwa seseorang sehingga penderita asma pun tak disarankan mengonsumsi ini.

Baca Juga: Setop Moms! Bisa Picu Kerusakan Otak, Ini Bahaya Ciki Ngebul Jajanan Anak Kekinian!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.