Menu

Gak Cuma Pria, Wanita Juga Bisa Alami Gangguan Penetrasi Lho Moms, Yuk Kenali Vaginismus dan Apa Penyebabnya!

10 Januari 2023 18:00 WIB
Gak Cuma Pria, Wanita Juga Bisa Alami Gangguan Penetrasi Lho Moms, Yuk Kenali Vaginismus dan Apa Penyebabnya!

Ilustrasi Vagina (Pexel/Cliff Booth)

HerStory, Jakarta —

Sebagian dari kamu mungkin masih terdengar asing ketika mendengar vaginismus. Ini merupakan kondisi ketika vagina tiba-tiba mengencang saat kamu mencoba memasukkan sesuatu ke dalamnya Moms.

Praktisnya, vaginismus adalah reaksi otomatis tubuh terhadap ketakutan akan beberapa atau semua jenis penetrasi vagina. Setiap kali dicoba, otot-otot vagina akan menegang dengan sendirinya dan tidak memiliki kendali.

Akibatnya, seseorang yang mengalami vaginismus tidak bisa menikmati seks penetrasi atau akan merasakan sakit saat berhubungan seks. Lantas, apa penyebab vaginismus?

Penyebab Vaginismus

Hingga saat ini alasan seseorang mengalami vaginismus masih tidak terlalu jelas. Tapi, ada beberapa hal yang bisa dianggap menjadi penyebabnya. Hal-hal tersebut, meliputi

  • Kekhawatiran vagina yang terlalu kecil
  • Pengalaman seksual pertama yang buruk
  • Trauma, pernah mengalami pemeriksaan medis yang tidak menyenangkan
  • Kondisi psikologis, yakni kamu percaya jika seks itu memalukan atau salah
  • Kondisi medis yang menyakitkan, seperti sariawan di dinding vagina

Itulah beberapa alasan yang bisa menyebabkan seseorang mangalami vaginismus. Kondisi ini bisa disebuhkan dengan melakukan perawatan dan pengobatan yang tepat Moms. Biasanya, pengobatan vaginismus akan berfokus pada mengelola perasaan seputar penetrasi dan latihan untuk secara bertahap membuatmu terbiasa dengen penetrasi.

Baca Juga: Waspada Moms... Berhubungan Intim Bikin Perut Kram pada Wanita, Ini 6 Penyebab yang Gak Boleh Disepelekan!

Baca Juga: Waspada Vaginismus Moms...Penyakit Ini Bikin Gagal Penetrasi Gegara Miss V Mengencang Hebat, Cek Cara Mengatasinya di Sini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.