Menu

Penting! Tanda Kanker Pankreas Bisa Dilihat dari Bentuk Feses Moms, Cek Punyamu Sekarang!

10 Januari 2023 20:00 WIB
Penting! Tanda Kanker Pankreas Bisa Dilihat dari Bentuk Feses Moms, Cek Punyamu Sekarang!

Penggunaan Tisu Toilet

HerStory, Jakarta —

Moms, kanker pankreas menjadi kanker yang paling umum dengan urutan ke-12 di dunia yang paling banyak diderita orang. Menurut World Cancer Research Fund International, dilaporkan ada lebih dari 495.000 kasus baru kanker pankreas pada tahun 2020.

Untuk itu kamu juga harus waspada ya Moms. Deteksi dini bisa membantumu mendeteksi kanker tersebut. Seperti diketahui, kanker pankreas merupakan kanker yang terbentuk di sel-sel pankreas, organ di perut yang terletak di belakang bawah perut.

Parahnya, kondisi ini seringkali tidak menunjukkan gejala apapun Moms. Sehingga dapat menunda diagnosis. Akan tetapi kamu bisa melihat tanda kanker pankreas dari feses atau kotoranmu Moms.

Ya, tinja beralkohol diyakini sebagai tanda paling umum dari kanker pankreas yang dapat muncul pada tahap awal kanker. Perubahan kotoran ini terjadi ketika kanker membangun tekanan pada saluran empedu, membatasi pelepasan normal empedu ke dalam usus.

Hal ini menyebabkan pasien mengalami penyakit kuning obstruktif, yang menyebabkan gejala seperti menguningnya kulit dan mata, urin yang lebih gelap, dan tinja berwarna pucat. Menurut US National Library of Medicine, feses beralkohol memiliki tampilan berwarna seperti tanah liat yang tidak memiliki pigmen empedu.

Baca Juga: Bisa Ditandai dengan Kaki Bengkak, Ini Gejala Kanker Pankreas Lainnya yang Wajib Diperhatikan!

Baca Juga: Duh Ngeri... 3 Jenis Kanker Ini Tergolong Sulit Dideteksi Lebih Dini, Please Waspada Ya Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.