Menu

Deretan Sayur Pemicu Asam Urat, Sebaiknya Hindari Deh!

11 Januari 2023 14:45 WIB
Deretan Sayur Pemicu Asam Urat, Sebaiknya Hindari Deh!

Ilustrasi sayuran (Freepik/fxquadro)

HerStory, Bandung —

Penderita asam urat perlu memilih-milih sayuran yang akan dikonsumsi. Pasalnya, beberapa sayuran ternyata bisa membuat asam urat malah kambuh.

Asam urat bisa terjadi di semua sendi pada tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling sering terkena adalah sendi jaringan tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Biasanya rasa sakit ini akan berlangsung tiga sampai 10 hari. Pembengkakan juga enggak hanya terjadi di sendi, tetapi juga di daerah sekitar sendi disertai warna kulit yang memerah.

Untuk menghindari asam urat kambuh, penderita penyakit ini disarankan untuk menghindari beberapa sayuran berikut ini. Kira-kira apa saja yang harus dihindari? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Kembang Kol

Kembang kol sering kali disajikan dalam campuran sayuran atau sebagai lauk. Kembang kol mengandung purin dalam jumlah tinggi. Purin untuk kembang kol adalah 51 gram per 100 gram kembang kol.

2. Bayam

Bayam mengandung zat besi yang tinggi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan falvonoid. Bayam memiliki 57 gram purin dalam setiap 100 gram bayam.

3. Asparagus

Asparagus merupakan salah satu sayuran yang sebainya dihindari untuk penderita asam urat. Ini dikarenakan kandungan purin pada setiap 100 gram asparagus sebanyak 23 gram.

Baca Juga: Benarkah Baking Soda Bisa Mengobati Asam Urat? Cek Faktanya Yuk Moms!

Baca Juga: Gak Semua Sehat, Ini 5 Sayuran yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat, Bisa Gawat Kalau Masih Bandel!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.