Menu

Duh Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Jadi Penyebab Penyakit Usus Buntu

11 Januari 2023 15:05 WIB
Duh Hati-hati, 4 Kebiasaan Ini Ternyata Jadi Penyebab Penyakit Usus Buntu

Ilustrasi saki perut bagian kanan sebagai tanda dari usus buntu. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Usus buntu adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gaya hidup yang tak sehat. Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan pun dianggap sepele dan justru membuat usus buntu jadi timbul pada seseorang.

Faktanya, usus buntu atau apendisitis bisa menyerang 1 dari setiap 500 orang setiap tahun. Usia rentan penyakit ini adalah antara 15 sampai 30 tahun. Nah, untuk menghindari hal tersebut ada beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari, diantaranya:

1. Sering Menahan Kentut

Ternyata, terlalu sering menahan kentut ternyata menjadi salah satu pemicu radang usus buntu. Hal ini dikarenakan adanya gas tertahan dalam pencernaan. Akibatnya, membuat dinding usus menjadi tipis sehingga risiko peradangan usus buntu menjadi lebih tinggi. 

2. Sering Mengonsumsi Makanan yang Dibakar

Makanan yang diolah menggunakan arang dan membuat bagian makanan tersebut tampak hitam adalah hal yang berbahaya. Makanan yang dibakar mengandung zat karsinogen yang bisa memicu kanker serta gejala usus buntu. 

3. Sering Makan Gorengan

Terlalu sering mengonsumsi makanan yang digoreng juga menjadi pemicu radang usus buntu. Ini dikarenakan gorengan juga memiliki zat karsinogen yang berbahaya. 

4. Mengonsumsi Daging Kalengan

Berbagai macam jenis kalengan memang enak dan juga mudah diolah. Namun, ini bisa menjdai salah satu penyebab radang usus buntu. Daging instan memiliki kandungan zat karsinogen yang memicu timbulnya radang usus buntu. 

Baca Juga: Moms Harus Tahu! 3 Gejala Usus Buntuk pada Anak yang Pantang Disepelekan

Baca Juga: Segera Hentikan 4 Kebiasaan Ini untuk Cegah Usus Buntu, Bahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.