Menu

Masalah Anak Kurang Gizi Harus Diperhatikan, Ini 5 Tips Memutus Rantai Stunting Balita di Indonesia, Catat Moms!

11 Januari 2023 17:45 WIB
Masalah Anak Kurang Gizi Harus Diperhatikan, Ini 5 Tips Memutus Rantai Stunting Balita di Indonesia, Catat Moms!

Ilustrasi anak-anak yang memiliki masalah gizi (Shutterstock/Gary Yam)

HerStory, Jakarta —

Moms, kamu pasti kamu udah pernah mendengar istilah stunting, kan? Ya, stunting merupakan kondisi ketika tinggi badan anak lebih pendek daripada standar usianya akibat kekurangan gizi dalam jangka panjang.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh malnutrisi yang dialami ibu saat hamil atau anak pada masa pertumbuhannya.

Nah, dalam rangka menyemarakkan Hari Gizi Nasional pada setiap tahunnya yang jatuh pada tanggal 25 Januari, Unilever Indonesia melalui Royco mendukung pola makan sehat serta asupan gizi yang seimbang untuk melawan stunting di Indonesia. 

Dengan mengedepankan panduan Kementerian Kesehatan tentang porsi makan “Isi Piringku”, Royco berbagi menu sehat dengan gizi seimbang melalui Program Royco NutriMenu bagi keluarga Indonesia. 

Selain itu, komitmen Royco dibuktikan dengan inovasi produk yang telah hadir dengan garam beriodium untuk bantu tumbuh sesuai perkembangan anak, sekaligus mencegah terjadinya hidden hunger atau kelaparan tersembunyi.

Menurut Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK., stunting merupakan salah satu permasalahan terbesar bagi perkembangan generasi muda Indonesia.

Dan menurutnya, orang tua, khususnya ibu memiliki peran besar karena dapat menentukan keseimbangan gizi dan kesehatan anak dan diri sendiri sedari remaja.

"Dengan kebiasaan gaya hidup dan pola makan yang seimbang, masyarakat Indonesia, khususnya anak dan ibu, dapat terbebaskan dari siklus rantai stunting," kata dr. Diana , dalam keterangan resminya yang diterima HerStory, dikutip Rabu (11/1/2023).

Nah Moms, dr. Diana juga membagikan beberapa tips trekait dengan cara memutuskan rantai stunting balita di Indonesia. Yuk, simak baik-baik, Moms!

Baca Juga: Mengapa Pernikahan Dini Harus Dicegah? Ternyata Nggak Cuma Sebabkan Stunting, Ini 4 Dampak Buruk Lainnya Bagi Kesehatan

Baca Juga: Bantu Program Pemerintah Tekan Angka Stunting, ABC Luncurkan Sarden Goreng Bumbu Serundeng, Solusi Praktis Makan Ikan Nih Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: