Menu

Meski Bermanfaat, Konsumsi Kunyit Secara Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Moms, Apa Saja?

11 Januari 2023 23:20 WIB
Meski Bermanfaat, Konsumsi Kunyit Secara Berlebihan Berbahaya Bagi Kesehatan Tubuh Moms, Apa Saja?

Kunyit (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah tak asing dengan kunyit bukan? Ya, rempah-rempah berwarna kuning ini seringkali digunakan sebagai bumbu masakan dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari nyeri hingga mengurangi risiko kanker.

Tapi, di balik segudang manfaat sehatnya, konsumsi kunyit secara berlebihan ternyata memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan Moms. Berikut ini beberapa efek samping jika kamu berlebihan mengonsumsi kunyit, antara lain:

1. Batu ginjal

Adanya kandungan kunyit oksalat yang tinggi bisa membentuk efek samping berupa batu ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan. Batu ginjal dapat memicu nyeri yang hebat dan juga rasa tidak nyaman.

2. Sakit kepala

Dalam dosis yang pas atau sesuai, curcumin pada kunyit disebut-sebut bisa membantu untuk meredakan sakit kepala. Akan tetapi, jika dosis curcumin ini kelewat batas alias terlalu banyak, kamu malah bisa mengalami sakit kepala, lho.

Meskipun terkesan sepele, sakit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan, sakit kepala yang terjadi berkelanjutan bisa menurunkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Khasiat Minum Kunyit Tiap Pagi Secara Rutin Hasinya Mengejutkan Moms, Terakhir Bikin Wanita Happy

Baca Juga: Begini Cara Membuat Kunyit Madu untuk Asam Lambung, Menyehatkan Moms!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman:

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari