Menu

Jadi Pegiat Lingkungan, Siska Nirmala Ajak Generasi Muda Terapkan Konsep Hidup Zero Waste Melalui Pilah Sampah

12 Januari 2023 11:52 WIB
Jadi Pegiat Lingkungan, Siska Nirmala Ajak Generasi Muda Terapkan Konsep Hidup Zero Waste Melalui Pilah Sampah

Siska Nirmala selaku penggiat gerakan Zero Waste Adventure dalam konferensi pers EIGER dan Lazada, Jakarta (Noorma/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, hingga kini sampah masih menjadi persoalan yang belum kunjung terselesaikan. Hal ini terjadi sebab masih banyak orang yang sulit untuk memulai hidup bebas tanpa sampah atau biasa disebut zero waste. 

Meski begitu, bukan berarti kesadaran akan permasalahan ini belum ada, lho. Isu sampah adalah topik hangat yang sudah banyak diketahui, sayangnya belum mampu menggerakkan semua orang untuk ikut mengatasinya. 

Siska Nirmala, selaku pegiat dari Zero Waste Adventure dan EIGER Brand Ambassador, mengatakan bahwa tahapan awal untuk mulai hidup zero waste dapat dilakukan dengan hal yang mudah. Hal ini tak lain adalah memilah sampah pribadi.

“Kalau teman-teman yang sudah mulai aware soal masalah sampah dapat dimulai dari memilah sampah. Belajar memilah itu belajar memisahkan yang organik dan non-organik,” ungkapnya ketika ditemui oleh HerStory, pada konferensi pers oleh Eiger dan Lazada di Jakarta, Rabu (11/1/2022) kemarin.

Ia menegaskan bahwa sampah anorganik atau gak terurai dapat dikirimkan ke bank sampah. Hal ini bertujuan agar sampah tersebut dapat diolah dengan tepat sesuai dengan prosedur yang ada.

“Yang non-organiknya sebisa mungkin dipisahkan dan ditempatkan ke bak sampah, bisa ke pemulung, ataupun ekosistem yang ada di daerah teman-teman. Kalaupun gak ada cari tahu waste manajemen mana yang menerima sampah yang dikirim dari kita,” terang Siska Nirmala.

Sedangkan untuk sampah organik atau terurai, kamu dapat mengolahnya sendiri di rumah, Beauty. Sampah ini dapat dijadikan kompos sehingga nilai gunanya tetap ada meski sudah menjadi sampah.

Baca Juga: Terapkan Konsep 'Zero Waste Adventure', Siska Nirmala Lakukan Pendakian Bebas Sampah, Seperti Apa?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.