Menu

Meski Menyehatkan, Minum Air Putih Berlebihan Ternyata Bisa Timbulkan Bahaya Ini

12 Januari 2023 13:40 WIB
Meski Menyehatkan, Minum Air Putih Berlebihan Ternyata Bisa Timbulkan Bahaya Ini

Ilustrasi minum air putih. (Freepik/Azerbaijan_stockers)

HerStory, Bandung —

Air putih merupakan salah satu aspek yangb is amenjaga kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsi air putih juga memiliki aturannya sendiri, yakni dengan mengikuti takaran yang dianjurkan. Pria dianjurkan untuk mengonsumsi air putih sekitar 15,5 cangkir (3,7 liter) air per hari dan sekitar 11,5 cangkir (2,7 liter) air per hari untuk wanita.

Aturan tersebut telah mencakup cairan dari air, minuman, dan makanan yang dikonsumsi. Lalu, jika berlebihan mengonsumsi air putih apa yang akan terjadi? Simak beberap abahaya yang mungkin terjadi jika terlalu banyak minum air putih berikut ini!

1. Perubahan warna urine

Urine yang sehat akan berwarna kuning cerah. Jika urine berubah warna menjadi bening atau jernih, itu tanda jika kamu terlalu banyak minum air.

2. Sering ke toilet

Sering berkemih menjadi tanda jika kamu terlalu banyak minum air. Rata-rata orang hanya buang air kecil sebanyak 6-8 kali sehari.

3. Kelelahan atau kelemahan

Minum terlalu banyak air menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihan cairan. 

4. Mual atau muntah

Kondisi ini terjadi akibat ginjal tidak dapat mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh. Selain mual dan muntah, pengidap bisa saja mengalami diare.

Baca Juga: Bukan Teh atau Kopi, Ini 7 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari! Rugi Banget Beauty Kalau Diskip

Baca Juga: Terlalu Banyak Minum Air Putih Ternyata Bisa Timbulkan Risiko Ini, Hati-hati!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.