Menu

Terapkan Konsep 'Zero Waste Adventure', Siska Nirmala Lakukan Pendakian Bebas Sampah, Seperti Apa?

12 Januari 2023 14:30 WIB
Terapkan Konsep 'Zero Waste Adventure', Siska Nirmala Lakukan Pendakian Bebas Sampah, Seperti Apa?

Siska Nirmala selaku pegiat lingkungan (Instagram/@zerowasteadventure)

HerStory, Jakarta —

Beauty, nama Siska Nirmala mungkin tak sepopuler selebritis Tanah Air lainnya. Namun, kiprah dan kepedulian wanita satu ini terhadap lingkungan patut diacungi jempol, Beauty.

Ya, Siska Nirmala merupakan pegiat lingkungan yang sudah menerapkan gaya hidup bebas sampah atau zero waste sejak tahun 2012. Bahkan, ia juga mengajak masyarakat khususnya kelompok yang aktif dalam kegiatan lingkungan untuk mulai sadar akan masalah ini. 

Pada tahun 2013, ia mulai membuat gerakan Zero Waste Adventure yang mana merupakan sebuah gerakan mendaki tanpa menyisakan sampah. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan awareness mengenai pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih. 

“Aku nerapin zero waste-nya mulai 2012, kemudian setahun kemudian mulai Zero Waste Adventure pada 2013. Mulainya dengan ekspedisi pendakian ke 5 gunung Indonesia tanpa menghasilkan sampah. Tapi di luar gunung tersebut masih melakukan kegiatan adventure lainnya dengan konsep yang masih sama,” terangnya saat ditemui oleh HerStory di Radio Dalam, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

Ia menegaskan bahwa aksinya ini mengusung konsep gak membawa barang yang berpotensi menyisakan sampah. Oleh karena itu, ia menyebutnya sebagai Zero Waste Adventure

“Yang aku lakukan itu bukan aksi bersih tapi dari awal ketika melakukan pendakian itu gak membawa potensi sampah sama sekali. Sebenarnya mendobrak budaya pendakian di Indonesia yang menghasilkan sampah banyak sekali sebenarnya itu kegelisahan utamaku. Gimana caranya untuk melakukan pendakian atau petualangan tapi gak menghasilkan sampah sama sekali. Makanya aku akhirnya kepikiran dengan konsep Zero Waste Adventure,” ungkap Siska. 

Baca Juga: Jadi Pegiat Lingkungan, Siska Nirmala Ajak Generasi Muda Terapkan Konsep Hidup Zero Waste Melalui Pilah Sampah

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.