Menu

Perayaan Imlek Makin Dekat, Kenapa Sih Identik dengan Barongsai? Tenyata Dipercaya Bisa Hempas...

13 Januari 2023 03:25 WIB
Perayaan Imlek Makin Dekat, Kenapa Sih Identik dengan Barongsai? Tenyata Dipercaya Bisa Hempas...

Pertunjukan Barongsai di Chinatown Bandung (Instagram/chinatownbandung)

HerStory, Jakarta —

Mungkin masih banyak orang yang bertanya-tanya soal kenapa perayaan imlek bisa identik dengan barongsai. Seperti yang diketahui, selain warna merah yang akan menjadi ciri khas masyarakat Tionghoa menyambut tahun barunya, barongsai juga menjadi suatu hal yang tak boleh terlewatkan untuk dinikmati.

Imlek dan Barongsai adalah dua hal yang tak dapat dipisahkan. Perayaan tahun baru China tak lengkap rasanya tanpa menghadirkan tarian tradisional ini, begitu juga Barongsai yang sangat identik dengan kemeriahan Imlek.

Merangkum berbagai sumber, kaitan antara Imlek dan Barongsai tak bisa dilepaskan dari sejarahnya. Disebutkan jika Barongsai memiliki makna keberanian, kebijaksanaan dan kekuatan juga keunggulan.

China Highlights menulis awalnya Barongsai dipentaskan untuk mengusir roh jahat sehingga bisa membuka pintu keberuntungan lho Moms. Waktu yang tepat untuk menarikan Barongsai adalah saat acara-acara besar seperti festival musim semi.

Orang-orang China yakin bahwa monster dan roh-roh jahat takut dengan suara berisik, itulah sebebnya mengapa Barongsai dipentaskan dengan gemuruh alat musik yang cukup keras.

Belakangan, suara musik yang keras bisa membawa suasana festival menjadi semakin meriah dan Barongsai juga membawa makna yang baik untuk memulai tahun yang baru, seperti simbol kemakmuran dan kebahagiaan.

Baca Juga: Pasca-Imlek, Hoki 4 Shio Ini Masih Saja Mengalir Deras Tanpa Batas, Tabungannya Kian Membludak!

Baca Juga: Kesabarannya Bakal Diuji Hingga Februari, Ini 3 Zodiak yang Dilimpahkan Rezeki tapi Hidup Sengsara! Semoga Bukan Kamu Ya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.