Menu

Sering Dibilang Sumber Penyakit, Mandi Malam Justru Bisa Berikan Manfaat Ini Lho!

13 Januari 2023 11:40 WIB
Sering Dibilang Sumber Penyakit, Mandi Malam Justru Bisa Berikan Manfaat Ini Lho!

Seorang wanita sedang berendam di bathtub. (unsplash/bruce mars)

HerStory, Bandung —

Mandi di malam hari sering dianggap bisa memicu penyakit dan bahaya kesehatan lainnya. Padahal, mandi malam bisa memberikan sederet manfaat tak terduga jika dilakukan dengan benar lho.

Mandi menggunakan air hangat di malam hari bisa menimbulkan efek positif pada seseorang secara maksimal. Namun, baiknya mandi 1-2 jam sebelum tidur, ya! Inilah berbagai manfaat dari mandi di malam hari:

1. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat pertama yang dapat kamu peroleh dengan mandi malam adalah kualitas tidur yang meningkat. Bahkan, mandi malam termasuk dalam tips memiliki tidur sehat yang dianjurkan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) Amerika Serikat.

Mandi malam, terutama dengan memakai air hangat, akan membantu menurunkan suhu tubuh. Penurunan suhu tubuh inilah yang akan membantu kamu merasa lebih rileks dan cepat mengantuk.

Hal ini juga diteliti dalam sebuah studi dari jurnal Sleep Medicine Reviews, yang menunjukkan bahwa mandi malam hari membantu kamu terlelap lebih cepat dan pulas.

Selain itu, bagi kamu yang sering susah tidur karena nyeri otot dan pegal-pegal setelah seharian beraktivitas, mandi malam bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Suhu air hangat saat mandi akan membantu mengistirahatkan otot-otot tubuh yang tegang dan kaku sehingga tidur akan jauh lebih nyenyak.

Baca Juga: Mending Pikir 2 Kali Deh! Ini 4 Risiko Mandi Malam Hari yang Perlu Kamu Tahu, Nomor 1 Paling Banyak Dipercaya!

Baca Juga: Stop Mandi di Atas Jam 9 Malam Moms! Ini Risiko Buruk yang Bisa Beauty Alami, Jangan Sampai Nyesal!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: