Menu

Gak Bisa Sembarangan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penerima Donor Transplantasi Ginjal Menurut Dokter Ahli, Simak Beauty!

13 Januari 2023 11:05 WIB
Gak Bisa Sembarangan, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Penerima Donor Transplantasi Ginjal Menurut Dokter Ahli, Simak Beauty!

Ilustrasi Ginjal. (Unsplash/Robina Weermeijer)

HerStory, Jakarta —

Beauty, ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan harus selalu dijaga kesehatannya. Jika enggak dijaga dengan baik, maka bisa muncul penyakit-penyakit yang mengancam nyawa.

Jika sudah menderita penyakit gagal ginjal kronik, maka salah satu metode pengobatannya adalah dengan melakukan transplantasi ginjal.

Transplantasi ginjal atau pencangkokan ginjal adalah prosedur bedah untuk mengganti organ ginjal yang telah mengalami kerusakan akibat gagal ginjal kronik stadium akhir.

Namun, melakukan transplantasi ginjal tentu enggak mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh penerima donor ginjal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dr. dr. Nur Rasyid, Sp.U (K)., selaku Ketua ASRI Urology Center (AUC) dalam acara peluncuran Layanan Unggulan Transplantasi Ginjal RS Siloam ASRI di Jakarta, Kamis (12/1/2023).

Dokter Nur Rasyid mengatakan, salah satu syarat transplantasi ginjal adalah pasien masih memiliki harapan hidup lebih dari sepuluh tahun.

"Orang itu masih mempunyai harapan hidup lebih dari sepuluh tahun," ungkapnya.

Baca Juga: Waspada! Kenali 4 Gejala Awal Penyakit Ginjal, Salah Satunya Bengkak di Bagian Tubuh..

Baca Juga: Duh Ngeri... Ini 5 Tanda Ginjal Rusak pada Wanita, Beauty Wajib Waspada Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.