Menu

Banyak Ditakuti Wanita, Sebenarnya Kanker Serviks Terjadi pada Usia Berapa Sih Moms? Simak Penjelasannya Yuk!

13 Januari 2023 17:25 WIB
Banyak Ditakuti Wanita, Sebenarnya Kanker Serviks Terjadi pada Usia Berapa Sih Moms? Simak Penjelasannya Yuk!

Ilustrasi seorang dokter sedang menjelaskan mengenai kanker serviks. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Kanker serviks menjadi salah satu jenis kanker yang banyak ditakuti wanita karena bisa mematikan penderitanya. Hingga kini, masih banyak simpang siur terkait risiko kanker serviks yang hanya menyerang usia di atas 45 tahun.

Padahal, usia remaja juga bisa mengalami kanker serviks lho Moms. Lantas, kanker serviks terjadi pada usia berapa dan menyerang wanita dengan kondisi seperti apa? Simak penjelasannya seperti di bawah ini yuk Moms.

Awal mula ditemukan, kanker serviks memang lebih jarang dialami oleh wanita usia 20-an ke bawah. Namun kini semakin banyak ditemukan kasus penyakit kanker serviks pada remaja eperempuan usia 20-an.

Bahakn ada juga pengidap kanker serviks yang masih berusia belasan tahun lho Moms. Sebab, pada dasarnya, usia bukan menjadi tolok ukur utama dalam menentukan seseorang berisiko terkena kanker serviks.

Jenis kanker ini disebabkan oleh infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV) yang terjadi pada tubuh wanita setelah melakukan kontak seksual. Perlu dipahami, kontak sesksual tidak semata-mata hanya merujuk pada hubungan seksual lawan jenis ya Moms.

Tapi bisa juga merujuk pada aktivitas lain yang melibatkan organ intim wanita. Artinya, bisa saat kamu melakukan masturbasi yang memasukkan benda apapun ke dalam organ intim sehingga menyentuk area serviks.

Baca Juga: Jangan Disepelekan Moms! 5 Jenis Keputihan yang Gak Lazim Ini Ternyata Mengindikasikan Tanda Kanker Serviks, Duh Ngeri...

Baca Juga: Waspada Moms, Berat Badan Berlebih atau Obesitas Ternyata Bisa Picu Kanker Serviks, Ini Tandanya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.