Menu

Penting! Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Gosok Gigi Sebelum Tidur, Gak Cuma Cegah Gigi Berlubang, Tapi...

13 Januari 2023 22:10 WIB
Penting! Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Gosok Gigi Sebelum Tidur, Gak Cuma Cegah Gigi Berlubang, Tapi...

Gosok gigi (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Aktivitas sehari-hari memang membuat badan letih. Ini salah satu alasan banyak orang akhirnya malas untuk sikat gigi sebelum tidur. Memang kalau sudah di atas kasur, bawaanya pengin langsung rebahan saja sampai tertidur pulas.

Padahal, menyikat gigi dua kali sehari penting untuk untuk kesehatan. Apalagi menyikat gigi sebelum tidur. Ini alasannya:

1. Pada malam hari, air liur antibakteri menjadi lebih rendah dibandingkan pada siang hari. Akibatnya, Anda akan lebih rentan terhadap zat-zat pemicu gigi berlubang dan penyakit gusi. Saat tidur, aktvitas tubuh dalam melakukan self cleansing oleh air juga berhenti. Akibatnya, bakteri pun aktif berkolonisasi dan menghasilkan asam.

2. Menyikat gigi sebelum tidur dapat mencegah gigi Anda berlubang, karena flouride dalam pasta gigi dapat mencegah itu. Dengan menyikat gigi, saat Anda tertidur flouride melekat lebih lama dan memengaruhi restrukturisasi pada gigi. Membuat gigi Anda menjadi lebih kuat.

3. Rongga mulut menjadi sarang bakteri berbahaya bernama anaerob. Bakteri ini bahkan berkembang biak tanpa adanya oksigen. Jadi, tanpa adanya zat aktif dari pasta gigi, bakteri anaerob akan berkembang biak lebih pesat saat Anda tertidur.

Baca Juga: Rajin Gosok Gigi Tapi Gigi Tetap Berlubang? Ternyata Ini Penyebabnya Kata Dokter Moms, Sering Kamu Lakukan Gak?

Baca Juga: Jangan Panik, Bau Mulut Karena Gigi Berlubang Ternyata Bisa Hilang dengan Cara Ini Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari