Menu

Beauty Hati-hati Modus Baru Pelecehan Seksual di KRL, Difoto dan Masuk Instagram!

Diffa Nur Zahra
11 Desember 2020 12:15 WIB
Beauty Hati-hati Modus Baru Pelecehan Seksual di KRL, Difoto dan Masuk Instagram!

Sejumlah calon penumpang yang mengenakan masker antre bersiap menaiki kereta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta, Kamis (27/8/2020). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww)

HerStory, Jakarta —

Pelecehan seksual di ruang publik dan dunia maya semakin seram dan belum juga menghilang dari Indonesia. Laporan dari korban semakin banyak dan baru-baru ini muncul kembali akun Instagram yang mengabadikan potret wanita di dalam KRL Commuter Line dengan unsur cabul.

Unggahan dari akun tersebut saat ini jadi bahan pembicaraan di berbagai platform media sosial. Foto-foto di dalamnya berisikan foto penumpang wanita yang bertujuan ke bagian organ intim mereka.

Akun Instagram tersebut memiliki 7.360 pengikut dan telah memposting 57 kali. Akun ini sudah dikecam oleh publik. 

Setelah diusut oleh beberapa pengguna sosial media, ternyata pemilik akun tersebut sering berkelana di KRL jalur ke arah Depok. 

Sementara itu, PT KCI melalui akun twitternya, @commuterline membalas postingan dan mengaku akan menyelidiki temuan ini.

“Selamat siang. Terima kasih atas informasi yang diberikan, kami sampaikan ke unit terkait untuk dilakukan pengecekan,” cuit membalas.

Pihak Commuter Line sebenarnya sudah melakukan hal yang terbaik mereka dalam menciptakan ruang aman. Gerbong khusus wanita sudah ada di seluruh kereta dan di tempatkan di gerbong paling ujung depan dan belakang. 

Selain itu, Koalisi Ruang Publik Aman (KPRA) juga sudah membuat imbauan dengan iklan kampanye menciptakan ruang publik yang aman dan banner pencegahan tindak kekerasan seksual di KRL yang dipasang pada setiap lorong sebelum memasuki stasiun KRL Commuter Line.