Menu

Gawat! 4 Minuman Ini Bisa Sebabkan Infeksi Jamur di Miss V, Ada Minuman Favoritmu Beauty?

16 Januari 2023 17:10 WIB
Gawat! 4 Minuman Ini Bisa Sebabkan Infeksi Jamur di Miss V, Ada Minuman Favoritmu Beauty?

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Infeksi jamur vagina atau kandiasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur atau ragi. Ketika keseimbangan bakteri berubah, sel-sel ragi dapat berkembang biak menyebabkan gatal, bengkak, dan iritasi.

Penyebab infeksi ini adalah jamur candida albicans. Pertumbuhan berlebih dapat menyebabkan gejala infeksi jamur. Pertumbuhan ragi yang berlebihan dapat terjadi karena beberapa hal, seperti:

  • Penggunaan antibiotik
  • Kehamilan
  • Diabetes yang gak terkontrol
  • Sistem kekebalan tubuh yang terganggu
  • Mengonsumsi kontrasepsi oral atau terapi hormon yang meningkatkan kadar estrogen

Selain itu, ternyata ada beberapa minuman yang juga bisa menyebabkan infeksi jamur pada vagina atau Miss V ini, Beauty. Apa saja?

Yuk, intip deretan minumannya, seperti dikutip HerStory dari berbagai sumber, Senin (16/1/2023).

1. Minuman tinggi kafein

Minuman yang mengandung tinggi kafein, seperti kopi dan teh perlu dikurangi karena bisa menjaadi penyebab infeksi jamur di vagina.

Kafein bisa membuat vagina jadi kering, sehingga mengganggu ekosistem alami yang hidup di vagina. Bakteri baik dan bakteri jahat yang seimbang dibutuhkan supaya vagina terhindar dari infeksi. 

Baca Juga: Miss V Gatal Ganggu Aktivitasmu? Bisa Jadi Tanda Terinfeksi Jamur Lho, Segera Tuntaskan dengan 4 Bahan Alami Ini Beauty!

Baca Juga: Jangan Ngeyel Moms! Selain Gatal Maksimal saat Tumbuh, Dokter Boyke Ungkap Risiko Cukur Gundul Bulu Miss V, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.