Menu

Sering Diabaikan, Ini 4 Perilaku yang Termasuk KDRT! Sadari dari Sekarang! Kamu Pernah Alami Salah Satunya?

17 Januari 2023 11:35 WIB
Sering Diabaikan, Ini 4 Perilaku yang Termasuk KDRT! Sadari dari Sekarang! Kamu Pernah Alami Salah Satunya?

Ilustrasi korban kekerasan seksual. (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Setiap orang tentu saja bisa berubah ketika menjalani hidup. Karakter dan sifatnya bterbentuk karena hal yang ia lalui dalam kehidupannya.

Di posisi ini, yang paling berdampak adalah orang terdekat seperti pasangan, anak, atau bahkan orangtua.

Mungkin juga sifat ini adalah bawaan sejak ia kecil dan baru terlihat ketika kamu sudah menikah dan tinggal bersama. Ketika kamu melakukan kesalahan, tak ada ampun baginya hingga pukulan dan kata-kata kasar bahkan bisa keluar dari mulutnya.

Bahkan beberapa kali melakukan kekerasan fisik. Beberapa bagian tubuh memar dan terasa begitu sakit. Dilansir dalam laman alodokter.com melalui sindikasi konten Suara.com, kekerasan dalam rumah tangga bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga psikis dan seksual yang terjadi secara terus menerus. Ancaman dengan senjata hingga resiko terbesar adalah kematian merupakan risiko terbesar yang dialami para korban KDRT.

Luka batin yang dialami para korban juga akan mengganggu psikis dan mentalnya. Beberapa korban tak menyadari bahwa ia sedang terjebak dalam KDRT. Ia merasa hubungannya baik-baik saja dan  hal yang pasangan lakukan adalah hal yang lumrah. Dari laman alodokter.com berikut merupakan bentuk kekerasan dalam rumah tangga:

1. Kekerasan Emosional

Tak ada orang yang mau hidup dengan seorang yang tak bisa mengendalikan emosinya. Tanda bahwa ia sedang melakukan kekerasan emosional antara lain: pasangan yang memberikan kritik di depan umum. Ia selalu menyalahkan kamu dalam segala kondisi, dan memanipulasi bahwa kamu memang pantas mendapatkan perlakuan kekerasan ini. Kamu merasa sangat takut terhadap pasangan ia bagaikan momok yang menjadikanmu ketakutan untuk tak menuruti perintahnya.

Baca Juga: Bak Karma Dibayar Kontan, Terkuak Kelakuan Venna Melinda ke Ivan Fadilla Sebelum Kena KDRT Ferry Irawan: Dia Sering Lakukan...

Baca Juga: Kini Bahagia bak Tanpa Beban Usai KDRT, Intip Yuk Persahabatan Lesti Kejora dan Geng Arisan saat Hangout Bareng!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Azka Elfriza