Menu

6 Masalah Kulit yang Jadi Tanda Penyakit Jantung, Jangan Pernah Abai Moms!

17 Januari 2023 11:25 WIB
6 Masalah Kulit yang Jadi Tanda Penyakit Jantung, Jangan Pernah Abai Moms!

Ilustrasi serang dokter mengecek denyut nadi pasien (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang gejalanya sulit terdeteksi. Ini menyebabkan banyak orang meninggal karena penyakit jantung yang gejalanya sulit diketahui.

Padahal, mendeteksi gejala penyakit jantung lebih awal bisa membantu meringankan gejalanya dan mengurangi risiko serangan jantung atau komplikasi serius lainnya. Salah satu caranya pun bisa dilihat melalui tanda permasalahan di kulit. Berikut adalah beberapa masalah di kulit yang menandakan penyakit jantung, diantaranya:

1. Pembengkakan pada kaki dan tungkai bawah

Pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, dan kaki bagian bawah bisa menjadi tanda bahwa jantung sedang tidak bekerja baik. Salah satu gejala penyakit jantung adalah penumpukan cairan di kaki yang menyebabkan pembengkakan.

Jika kamu melihat kaki dan tungkai bawah bengkak tanpa penyebab jelas, seperti cedera. Maka, kamu harus segera konsultasi dengan dokter.

2. Bercak biru atau ungu pada kulit

Jika kamu memiliki bercak biru atau ungu di kulit, itu bisa menjadi tanda penyumbatan di pembuluh darah. Beberapa orang mengalami ekstremitas membiru ketika kedinginan.

Jika kondisi ini terjadi pada saat suhu tubuh normal, maka itu bisa menjadi tanda darah tidak mendapatkan cukup oksigen. Jika terdapat bercak di jari kaki itu disebut sindrom kaki biru. Bila tak diobati, kondisi itu bisa menyebabkan kulit dan jaringan di sekitarnya mati.

Baca Juga: Waktunya Liburan Akhir Pekan Nih Moms, Penelitian Sebut Orang Jarang Piknik Rentan Terkena Serangan Jantung Lho, Mau?

Baca Juga: Masih Banyak yang Nggak Tahu, 4 Hal Ini Bisa Jadi Tanda Kamu Memiliki Penyakit Jantung, Ada yang Kamu Alami Moms?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.