Menu

Viral Mainan Lato-lato, Psikolog UGM Ungkap Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental Anak, Orang Tua Wajib Tahu Nih, Catat Moms!

17 Januari 2023 10:53 WIB
Viral Mainan Lato-lato, Psikolog UGM Ungkap Manfaatnya Bagi Kesehatan Mental Anak, Orang Tua Wajib Tahu Nih, Catat Moms!

Mainan Lato-lato (Sumber/Instagram)

HerStory, Jakarta —

Belakangan ini, mainan lato-lato viral di media sosial dan digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Sayangnya, beredar kabar bahwa mainan yang terdiri dari dua bola dan tali itu dilarang karena bisa melukai tangan.

Padahal, lato-lato memberikan dampak positif untuk kesehatan mental anak lho Moms. Hal itu diungkapkan oleh Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Koentjoro. 

Menurutnya, ada sisi positif yang perlu dipahami oleh masyarakat terkait permainan lato-lato bagi anak-anak. Salah satunya, permainan tersebut dapat mengurangi ketergantungan anak dalam bermain gawai. 

“Segi positifnya ketergantungan anak pada handphone (HP) jadi berkurang. Dulunya waktu untuk main HP sekarang ke lato-lato,” kata Koentjoro dilansir PURWASUKA dari laman UGM diunggah Selasa, 10 Januari 2023. 

Selain itu kata Koentjoro, permainan lato-lato pun dapat melatih konsentrasi, ketangkasan fisik, kepercayaan diri, sosialisasi dan dampak positif lainnya. Belum lagi permainan ini bisa menjadi sarana anak-anak untuk berolah raga, belajar konsentrasi secara murah. 

Baca Juga: Catat! 6 Kebiasaan Baik untuk Menjaga Kesehatan Mental, Nomor 4 Paling Gampang!

Baca Juga: Wanita Lebih Berisiko Idap Delusi, Kenali 3 Faktor Penyebab Gangguan Jiwa Serius Ini, Kamu Pernah Rasain Gak Beauty?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.