Menu

Sering Diabaikan, Ini 4 Tanda Serangan Jantung yang Wajib Diwaspadai, Jangan Sampai Menyesal Moms!

17 Januari 2023 16:20 WIB
Sering Diabaikan, Ini 4 Tanda Serangan Jantung yang Wajib Diwaspadai, Jangan Sampai Menyesal Moms!

Ilustrasi seseorang mengalami serangan jantung (Freepik/Jcomp)

HerStory, Jakarta —

Serangan jantung tak bisa dianggap enteng karena bisa mengakibatkan kematian Moms. Serangan jantung seringkali mendadak tanpa menimbulkan gejala atau tanda apapun.

Kondisi ini terjadi karena tersumbatnya aliran darah ke jantung. Jika aliran darah tidak dipulihkan dengan cepat, bagian dari otot jantung akan mulai mati. Melansir laman The Health Line, di bawah terdapat 4 gejala umum dari serangan jantung yang perlu diwaspadai. Apa saja?

1. Keringat berlebihan di malam hari

Banyak berkeringat di malam hari padahal cuaca sedang tidak gerah adalah pertanda awal serangan jantung, terutama pada perempuan. Namun, gejala serangan jantung saat tidur ini sering disalahpahami sebagai gejala menopause. 

Jika terbangun dari tidur dan seprai basah kuyup, atau tidak bisa tidur nyenyak karena terus berkeringat, ini bisa menjadi pertanda serangan jantung.

2. Detak jantung tidak normal

Jika terbangun di pagi hari kemudian merasa detak jantung tidak normal tak seperti biasanya, maka sebaiknya jangan menunda untuk memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, detak jantung yang tak normal bisa jadi tanda awal dari serangan jantung. 

Bila detak jantung tak normal berlangsung selama setidaknya 5 menit, segera untuk pergi ke bagian gawat darurat, karena kondisi ini dapat membahayakan nyawa.

Baca Juga: Gak Hanya Orang Tua, Serangan Jantung Juga Harus Diwaspadai Anak Muda, Ini 3 Penyebabnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari