Menu

Hati-hati Tekanan Darah Malah Melonjak, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hipertensi Tetap Terkontrol

18 Januari 2023 11:05 WIB
Hati-hati Tekanan Darah Malah Melonjak, Lakukan 5 Hal Ini Biar Hipertensi Tetap Terkontrol

Ilustrasi mengukur tekanan darah dalam tubuh. (Unsplash/Mockup graphics)

HerStory, Bandung —

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal. Penyakit ini nyatanya sering dianggap sebagai silent killer karena tak memiliki gejala yang jelas.

Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar hipertensi tak membahayakan penderitanya. Berikut adalah kegiatan yang bisa Moms lakukan untuk mengontrol hipertensi, diantaranya:

1. Jaga berat badan ideal

Tekanan darah sering meningkat seiring dengan bertambahnya berat badan. Kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur (sleep apnea) yang nantinya bisa meningkatkan tekanan. Untuk itu, penting menjaga berat badan dengan mengubah gaya hidup yang lebih sehat.

2. Olahraga teratur

Aktivitas fisik bisa menurunkan tekanan darah sekitar 5-8 mmHg kalau kamu memiliki tekanan darah yang tinggi. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga setidaknya sekiar 150 menit seminggu atau sekitar 30 menit setiap harinya. Beberapa contoh latihan aerobik yang bisa kamu coba, yakni jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

Baca Juga: Rasanya Lezat, Ini 4 Makanan yang Gak Boleh Dikonsumsi Penderita Tekanan Darah Tinggi, Bahaya Banget Moms!

Baca Juga: Meskipun Dianggap Parasit, Teh Benalu Memiliki Khasiat Luar Biasa Moms, Tak Hanya Turunkan Hipertensi, Ini Sederet Manfaat Lainnya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.