Menu

Konon Vape Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Rokok Tembakau, Benarkah? Simak Dulu Penjelasan Dokter Spesialis Yuk Moms!

18 Januari 2023 11:05 WIB
Konon Vape Lebih Aman Dikonsumsi Ketimbang Rokok Tembakau, Benarkah? Simak Dulu Penjelasan Dokter Spesialis Yuk Moms!

Ilustrasi seorang wanita menikmati rokok elektrik (Freepik/diana.grytsku)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu seorang perokok aktif Moms? Kini, banyak orang beralih ke rokok elektrik alias vape daripada rokok tembakau. Alasannya, vape dinilai lebih praktis dan memiliki banyak varian rasa.

Lantas, lebih aman mana di antara vape dan rokok tembakau bagi kesehatan? Langsung aja simak penjelasan dokter ahli berikut ini yuk Moms!

Dokter Spesialis Paru Dr. Erlina Burhan, SpP(K) membeberkan dampak buruk vape yang mengandung nikotin dan bahan karsinogen lainnya. Hal tersebut diungkapkan Dr. Erlina Burhan dalam keterangannya secara virtual kepada awak media pada Sabtu (14/1/2023).

Menurut Dr. Erlina Burhan bahwa rokok elektrik bisa menimbulkan dampak buruk pada tubuh, seperti halnya bahaya rokok konvensional (rokok tembakau).

"Perokok vape dan orang sekitarnya tetap terekspos dengan nikotin dan zat kimia bersifat karsinogenik dan ini tentu saja zat-zat ini bisa mengiritasi menimbulkan radang, sesak," kata Dr. Erlina Burhan.

Dr. Erlina Burhan membeberkan, bahwa nikotin dikatakan dapat menyebabkan adiksi, sementara zat lain dalam vape berupa propylene glikol dan gliserin dapat mengiritasi saluran napas dan paru.

Baca Juga: Banyak Digandrungi Millenials, Benarkah Vape Bisa Sebabkan Kanker Paru? Begini Kata Dokter Beauty

Baca Juga: Berbahaya Bagi Kesehatan Ibu dan Janin, Ini Alasan Bumil Harus Hindari Vape

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di GenPI

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Sri Handari