Menu

Duh Ngeri... Ini 6 Tanda Penyakit Menular Seksual yang Tak Biasa, Nomer 4 dan 5 Sering Dianggap Normal Nih Padahal Efeknya Fatal!

18 Januari 2023 11:40 WIB
Duh Ngeri... Ini 6 Tanda Penyakit Menular Seksual yang Tak Biasa, Nomer 4 dan 5 Sering Dianggap Normal Nih Padahal Efeknya Fatal!

Ilustrasi menjaga kesehatan organ intim wanita. (unsplash/Timothy Meinberg)

HerStory, Jakarta —

Moms, luka atau kutil yang menyakitkan dan bertahan lama di dekat area genital bukanlah hal yang harus kamu abaikan. 

Ini mungkin tak mengganggu aktivitas seksualmu, tetapi jika penyebabnya adalah penyakit menular seksual maka membiarkannya tak diobati bisa berisiko.

Dan kamu meskti tahu, Moms, ada juga risiko lebih tinggi menyebar ke bagian lain dari tubuh. Luka yang tak dirawat dapat membesar jika perawatan medis yang tepat tak tersedia. Dan, gejala ini terlihat jelas pada infeksi Human papillomavirus (HPV) dan kutil kelamin.

Dan dikutip dari Times of India, Rabu (18/1/2023), berikut 6 tanda penyakit menular seksual yang gak biasa, yang gak boleh kamu abaikan, Moms. Yuk, simak!

1. Anal gatal, nyeri, atau berdarah

Kondisi ini ditandai dengan rasa gatal dan terkadang keluarnya cairan dari daerah anus.

Gatal dubur terlihat pada IMS seperti herpes genital, infeksi Human papillomavirus (HPV) dan kutil kelamin, hepatitis, dan gonore.

Baca Juga: Sama-sama Termasuk Infeksi Menular Seksual, Ini Perbedaan Antara Kutil Kelamin dan Herpes Genital, Please Jangan Abai!

Baca Juga: Waspada Beauty, Salah Satu Gejala Infeksi Menular Seksual Dapat Menyebabkan Kutil dan Benjolan pada Kulit, Cek di Sini!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.