Menu

Duh Ngeri... Warna Lidah Seperti Ini Ternyata Menandakan Kadar Kolesterol Tinggi dan Bisa Berdampak Fatal, Cek Sekarang Beauty!

18 Januari 2023 12:10 WIB
Duh Ngeri... Warna Lidah Seperti Ini Ternyata Menandakan Kadar Kolesterol Tinggi dan Bisa Berdampak Fatal, Cek Sekarang Beauty!

Ilustrasi kolesterol dalam tubuh. (Pinterest/Edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, kamu pasti udah tahu jika kolesterol tinggi dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan.

Kecuali kamu melakukan tes, kamu mungkin tak akan menyadari bahwa kadar kolesterolmu tinggi karena kurangnya tanda dan gejala yang mengkhawatirkan.

Nah, perlu kamu ketahui, Beauty, kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang dapat mengakibatkan komplikasi seperti stasis darah atau aliran darah yang mandek. Dan ternyata ini bisa tercermin melalui perubahan warna lidah, lho!

Menurut jurnal medis Frontiers in Medicine, lidah berwarna ungu tua dan pembuluh darah sublingual yang membesar (pembuluh darah yang mengalirkan lidah) merupakan tanda penting dari stasis darah.

“Ujung lidah berwarna ungu kebiruan atau ini mungkin bercak darah di ujungnya. Pembuluh darah sublingual berwarna gelap atau bengkok dan tebal,” jelas Science Direct, dikutip dari Times of India, Rabu (18/1/2023).

Nah, stasis darah sendiri adalah gejala kolesterol tinggi, Beauty. Itu terjadi ketika darah tak dapat mengalir dengan baik melalui jaringan.

Hal ini dapat mengurangi kecepatan aliran darah, menyebabkan obstruksi parsial, dan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah.

Baca Juga: Baru Tahu Sekarang... Warna Lidah Seperti Ini Ternyata Bisa Jadi Tanda Kolesterol Tinggi, Wah Gawat Nih!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.